Surabaya, pens.ac.id – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar Health Education mengenai “Pentingnya Deteksi Dini Kanker Serviks”. Memberikan kesempatan kepada sejumlah 90 peserta untuk tes darah secara gratis, kegiatan tersebut turut hadirkan narasumber ahli di bidangnya, yakni dr. Duti S. Aziz, Sp. PA. selaku Pathologist RS Onkologi Surabaya. Bertempat di Mini Teater Lt. 6 Gedung Pascasarjana PENS pada Jumat (3/5), seminar sekaligus halal bihalal ini diperuntukkan bagi para tenaga kependidikan perempuan dan anggota DWP PENS. Kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan bahaya kanker serviks terutama bagi perempuan.

Mendapat dukungan penuh dari Andriana Surjati sebagai Wakil Management PT. Adil Juwita RS Onkologi Surabaya, Guru Besar Departemen Teknik Informatika dan Komputer PENS yaitu Prof. Iwan Syarif, S.Kom., M.Kom., M.Sc., Ph.D., menyambut baik dan menjadi perantara pelaksanaan kegiatan tersebut kepada DWP PENS. Sejalan dengan program kerja tahunan yang bergerak di empat bidang utama, yakni kerja sama, sosial, pendidikan, dan ekonomi, DWP PENS memberikan tanggapan positif guna memberikan kontribusi bermanfaat bagi banyak orang. Edukasi kesehatan terkait kanker serviks disampaikan langsung oleh Pathologist RS Onkologi Surabaya, dr. Duti S. Aziz, Sp. PA. Dalam pemaparannya, dr. Duti menegaskan penyebab kematian terbesar pada wanita nomor dua di dunia adalah kanker serviks. Oleh karena itu, diharapkan para perempuan dapat lebih aware terhadap diri sendiri dan keluarga. “Rutin berolahraga, minum vitamin, melakukan vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV), screening setelah tiga tahun menikah, serta selalu beribadah menjadi upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker serviks,” ujar dr. Duti.

Kegiatan tersebut menarik antusias para peserta melihat banyaknya pertanyaan yang diajukan. Tak hanya seminar mengenai kesehatan perempuan, DWP PENS turut membuka kesempatan kepada seluruh peserta untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara gratis. Diakhiri dengan prosesi halal bihalal, kesuksesan kegiatan ini menjadi hasil dari harapan positif Inas Ali Ridho Barakbah selaku Ketua DWP PENS. “Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama perempuan, DWP PENS akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak di kegiatan-kegiatan kampus, memberikan manfaat bagi banyak orang, dan menjadi DWP nomor satu di di Indonesia,” tutup Inas Ali Ridho Barakbah. (haz/inas) 

wpChatIcon
EnglishIndonesian