Surabaya, pens.ac.id – Mahasiswa Teknik Elektronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Dafit Ody Endriyatono berhasil meraih gelar Duta Penggerak Literasi Provinsi Papua Barat Periode 2023/2024. Melalui serangkaian seleksi bersama 574 peserta dari seluruh Indonesia, Dafit Ody berhasil terpilih dan dilantik pada Jumat, 18 Agustus 2023 oleh Literasi Bintang Aksara (LBA). Sebagai langkah awal dalam pengabdiannya, pada Sabtu (10/2), ia sukses menyelenggarakan sebuah seminar pembekalan di Kabupaten Pare dengan judul “Pentingnya Literasi dan Bahasa Inggris pada Generasi Muda untuk Masa Depan”, yang berkolaborasi dengan lembaga kursus bahasa Inggris, Z-Generation.

Dafit Ody memulai perjalanannya dengan ketertarikan akan dunia duta, yang mendorongnya untuk mendaftar sebagai duta penggerak literasi dengan harapan bisa meningkatkan minat baca di Indonesia, terutama di kalangan generasi muda. Ia menekankan pentingnya meningkatkan literasi di kalangan generasi muda sebagai langkah awal dalam memperluas wawasan dan pengetahuan. Mahasiswa PENS angkatan 2022 tersebut menyoroti masalah rendahnya minat baca di Indonesia, “saya ingin menumbuhkan literasi pada anak-anak muda di Indonesia ini. Banyak data-data dan fakta yang bahkan di lingkungan kita sendiri yang membuktikan bahwa sampai saat ini tingkat literasi di Indonesia masih sangat rendah,” ucapnya.

Melalui seminar yang telah diselenggarakannya, Dafit Ody berupaya menginspirasi para generasi muda terutama anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Pare untuk lebih aktif dalam membaca dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sebagai bekal untuk masa depan yang lebih cerah. Bersama Duta Penggerak Literasi lainnya, ia berkomitmen untuk melakukan proyek-proyek yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti pembagian alat tulis dan buku gratis, serta pembekalan literasi di sekolah dasar dan menengah pertama. Sebagai harapan dari usahanya, mereka bermimpi agar setiap generasi muda di Indonesia dapat memiliki akses yang lebih luas terhadap pengetahuan dan informasi melalui kegiatan literasi yang terus berkembang. (ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian