Surabaya, pens.ac.id – Program Studi Teknologi Rekayasa Internet (TRI) sukses menggelar sosialisasi dan workshop melalui TRI Expo 2024 pada Sabtu (17/2). Bertempat di Cafetaria Lt. 5 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan tersebut berhasil mengundang 40 siswa SMA/SMAK beserta guru pendamping dari 23 sekolah di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Mengusung tema “Internet for Better Future”, TRI Expo tahun kedua ini berfokus pada bidang Internet of Things (IoT) melalui kolaborasi bersama dengan industri CV. Elmech Technology.

Menyambut penerimaan mahasiswa baru, TRI Expo membuka kesempatan kepada siswa SMA/SMK untuk lebih memahami berbagai program studi di Departemen Teknik Elektronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Dalam sambutannya, Dr. Bambang Sumantri, S.T., M.Sc., selaku Wakil Direktur Bidang Akademik membuka dan memberikan dukungan positif. Koordinator Program Studi (Kaprodi) Teknik Elektro, yakni Dr. Arif Irwansyah, S.T., M.Eng., juga antusias memberikan gambaran serangkaian kegiatan TRI Expo 2024. Kaprodi  TRI, Moh. Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc, Ph.D., ikut turun langsung untuk menggaet antusias peserta. Tak hanya itu, program studi Teknik Telekomunikasi sebagai “ibu kandung” program studi TRI,  turut dikenalkan oleh Ir. Rahardita Widyatra Sudibyo, S.ST., M.T., Ph.D., selaku Kaprodi Teknik Telekomunikasi.

Bukan hanya sekadar pengenalan program studi, TRI Expo menghadirkan perwakilan mahasiswa TRI 2021 sebagai awardee beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dalam sharing session. Berbagai pengalaman akademik dan non-akademik awardee berhasil menarik antusias para peserta. Konsep kegiatan yang menggabungkan sosialiasasi dan workshop ini memberikan pengalaman berharga bagi para peserta. “Kami merancang agar siswa SMA/SMK yang hadir dapat merasakan langsung bagaimana Program Studi TRI ini menghasilkan Product Based Learning (PBL) yang unggul melalui workshop bersama indutri, pameran booth, dan kunjungan laboratorium,” tutur Karisma Nur Rizqi selaku Ketua Pelaksana TRI Expo 2024.

Sejalan dengan salah satu profil lulusan TRI, yakni IoT, TRI Expo 2024 berkolaborasi dengan CV. Elemech Technology untuk menyelenggarakan workshop. Selama workshop berlangsung, para peserta berperan aktif pada demo sederhana. Kaprodi TRI menjelaskan, materi tentang IoT ini bertujuan untuk  membuka wawasan lebih luas bagi siswa SMA/SMK mengenai aplikasinya yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. “Selain itu, beberapa produk PBL yang telah dirancang, didesain, dan diaplikasikan mahasiswa TRI selama satu semester juga dipamerkan dan dapat dirasakan secara langsung oleh siswa. Hal ini diharapkan agar dapat memperluas jaringan kebermanfaatan di Surabaya dan sekitarnya,” tutup Moh. Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc, Ph.D. (haz/rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian