Surabaya, pens.ac.id – Pada hari Minggu (21/1), tiga mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) meraih kesuksesan dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur. Di ajang tersebut, mereka berhasil memenangkan Juara 1 dalam kategori Bisnis Plan serta Juara 3 pada kategori UI/UX. Dengan mengambil topik “Economic Growth in the Digital Era” sebagai fokus penelitian, mereka berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi limbah tekstil melalui konsep inovatif yang berpotensi membawa dampak positif bagi masyarakat.

Dalam ajang tersebut, mereka berpartisipasi di dua kategori lomba dengan nama tim yang berbeda dan berhasil meraih prestasi membanggakan bagi PENS. Tim Majestic meraih posisi pertama dalam perlombaan Bussiness Plan menggunakan aplikasi Revitex. Di sisi lain, Tim Persevera dengan aplikasi FiberLoop berhasil torehkan Juara 3 pada cabang lomba UI/UX. Produk luncuran mereka adalah sebuah platform e-commerce yang secara khusus dirancang untuk mengelola kain bekas. Inovasi ini berhasil menyajikan solusi kreatif dan revolusioner dalam mendukung tujuan pembangunan ekonomi juga pengelolaan limbah tekstil secara berkelanjutan.

Di balik pencapaian ini, terdapat mentor yang selalu memberikan dukungan serta arahan kepada mereka. Melalui program pendampingan Riset dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (RISTEK HIMIT), mereka menerima bimbingan dan mentoring dari pihak RISTEK mulai fase awal hingga tahap final, yang bertujuan untuk memastikan mereka memiliki persiapan matang dalam mengikuti perlombaan.  Program Seribu Rupiah Seribu Prestasi (SRSP) dari HIMIT juga menyediakan dukungan finansial dengan menanggung biaya pendaftaran, sehingga mereka dapat sepenuhnya fokus pada kompetisi dan meraih hasil yang membanggakan. “Semoga kemenangan ini  membuat kami tetap rendah hati. Dan semoga di masa depan tim kami bisa terus berkembang dan mengikuti kompetisi lainnya.” ungkap Zahrotul Hidayah, mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2022 yang juga merupakan salah satu anggota tim tersebut. (ann/run)

wpChatIcon
EnglishIndonesian