Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka penguatan ekosistem pendidikan vokasi Indonesia agar semakin relevan. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan program pelatihan profesional untuk para dosen sebagai ujung tombak perguruan tinggi vokasi. Visionary Management Bootcamp for Vocational University Leaders adalah program pelatihan yang dirancang untuk membekali para pemimpin perguruan tinggi vokasi (PTV) dengan metode, teknik-teknik dan pengalaman praktis yang diperlukan untuk menjadi leader dan inovator yang mampu menginspirasi dan memotivasi tim mereka untuk membawa PTV mereka ke menuju world class university. Pelatihan ini berfokus pada pengembangan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk mengidentifikasi tren yang sedang berkembang, memprediksi perubahan, dan menetapkan visi mereka. Program ini mencakup berbagai topik, termasuk perencanaan strategis, inovasi, kreativitas, pemikiran desain, dan peramalan masa depan. Pelatihan ini diberikan melalui kombinasi class teaching, diskusi kelompok, studi kasus, dan belajar langsung dengan pemangku kepentingan dan Senior Management Team di Coventry University.

Dengan memanfaatkan hubungan yang kuat dengan industri, Coventry mendesain program pelatihan unik ini, yang memungkinkan para pemimpin PTV untuk bergabung dalam bootcamp dalam konteks “belajar dalam kemitraan dengan industri”.  Salah satu dosen dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang berkesempatan menjadi salah 1 peserta dalam pelatihan ini yaitu Heny Yuniarti, S.ST., M.T., Sekretaris Program Studi Teknik Komputer.  “Syukur alhamdulillah, saya lolos seleksi dan mendapatkan kesempatan dalam mengikuti program ini bersama 11 peserta lain dari 9 Politeknik Negeri di Indonesia. Saya juga berkesempatan untuk mengunjungi perusahaan dan belajar langsung dari para praktisi dan pelaku industri di lapangan.”

Foto: Heny Yuniarti 3 dari kiri saat foto bersama perwakilan Politeknik di depan Coventry University

Prof. Dr. Benny Tjahjono sebagai Professor of Sustainability and Supply Chain Management, Research Centre for Business in Society adalah penanggung jawab program ini dari Coventry University. Dalam 3 minggu pelatihan di Coventry, banyak pemateri yang turut memberikan ilmunya. Mereka adalah Prof. Mike Hardy sebagai Founding Director The Centre for Trust, Peace and Social Relations, Prof. Marcos Kauffman sebagai Director of Research Centre for Manufacturing and Materials (CMM) & Advanced Manufacturing and Engineering (AME), dan Prof. Richard Dashwood sebagai Deputy Vice-Chancellor Coventry University juga turut memberikan insight pengalaman Beliau dalam membangun 18 Research Center unggulan Coventry University.

Melalui program ini, diharapkan para pemimpin dapat memperoleh keterampilan manajerial yang berguna untuk mengembangkan pola pikir yang berorientasi pada masa depan, budaya inovasi dan pembangunan berkelanjutan, yang pada akhirnya membantu mendorong PTV yang berdaya saing global dan bereputasi baik.

wpChatIcon
EnglishIndonesian