Surabaya, pens.ac.id – Demo Day Expo Program Wirausaha Merdeka (WMK) PENS 2023 sukses digelar sebagai puncak dari serangkaian kegiatan WMK PENS 2023. Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari Bootcamp dan Post Immersion yang sudah diselenggarakan sebelumnya. Lebih dari 50 stand produk wirausaha dari 13 perguruan tinggi di Jawa Timur berpartisipasi, menjadikan WMK PENS 2023 sebagai tempat untuk validasi, evaluasi, dan uji pasar produk, serta mencari peluang investasi bersama pengusaha-pengusaha di Surabaya. Tak hanya itu, antusiasme luar biasa dari live talk show, pitching competition, dan live perform band oleh Dudy Oris pun turut meramaikan puncak WMK 2023. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diresmikan secara terbuka di Amphitheater Pakuwon City Mall Surabaya pada Rabu hingga Kamis (6-7/12).

Sebagai tuan rumah WMK 2023, PENS membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri sebagai calon wirausahawan melalui program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia. Dalam upaya mendukung penuh terciptanya wirausaha mahasiswa di Indonesia, peserta WMK telah menjalani serangkaian tahapan selama tiga bulan, dimulai dari pre-immersion, immersion, hingga post-immersion untuk menciptakan produk berkualitas bagi masyarakat. “Dimulai dari grand launching pada bulan Agustus, peserta telah menjalani proses pembelajaran secara hybrid, melakukan kunjungan ke mitra, serta merancang prototipe. Saat ini mereka mencapai tahap akhir, yaitu demo day, di mana produk mereka akan diuji pasar kepada masyarakat dan diperkenalkan kepada para pengusaha. Ini menjadi kesempatan bagi peserta WMK untuk menarik perhatian investor,” ungkap Dimas Okky Anggriawan, S.T., M.T.

Tak hanya itu, terdapat pitching competition yang melibatkan sepuluh tim dari total 49 tim setelah melewati tahap seleksi. Dalam pitching competition ini, para peserta akan mempresentasikan produknya kepada khalayak umum. Selain itu, PENS turut hadirkan beberapa narasumber hebat di bidang wirausaha melalui live talk show. Di antaranya, M. Faisol Anwar sebagai pemilik Glamoure Home Indonesia, Mahendra Ega Higuitta yang merupakan pemilik Sego Njamoer, perwakilan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Surabaya, serta Dudy Oris yang sebagai CO Founder Tata Detailing.

Terdapat beberapa penghargaan yang disiapkan untuk peserta WMK sebagai bentuk apresiasi oleh PENS, yaitu best pitching, best booth, creative booth, best team, favorite booth, hingga best participant. Kemeriahan semakin terasa ketika Dudy Oris mengajak seluruh orang yang hadir untuk mengenang kembali kenangan melalui alunan lagu-lagunya. Dengan berakhirnya kegiatan demo day ini diharapkan mahasiswa dapat membangun kerjasama tim guna tercapainya wirausahawan muda yang intelektual. (haz/rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian