Surabaya, pens.ac.id – EEPIS English Community Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (E2C PENS) berhasil mendapatkan predikat Juara 2 dalam kompetisi debat Asian Parliamentary bertajuk “Urgensi Kesetaraan demi Pendidikan Berkualitas dalam Mewujudkan SDG’s di Era Society 5.0″. Dalam kompetisi yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta (Fishipol UNY) ini preliminaries berlangsung secara daring pada Sabtu (4/11), diikuti dengan pengumuman tim yang lolos ke babak semifinal. Tahap semifinal dan final diselenggarakan secara tatap muka di UNY pada minggu berikutnya, tepatnya pada Sabtu (11/11). PENS mengirimkan delegasinya, yakni Tim Pengen PENSi Debat yang beranggotakan Emirel Ihsan Syahrazad, Fernando Michael Panjaitan, dan Alga Vania Salsabillah.

Meskipun mengalami beberapa kendala, mereka tetap berhasil untuk tampil dengan argumen yang kuat dan mendalam. Hasilnya, perwakilan dari UKM E2C berhasil menunjukkan keunggulan mereka dan meraih juara dalam kategori Debat Parlementer Bahasa Indonesia. Saat menyampaikan argumen, Tim Pengen PENSi Debat tidak hanya mempertahankan pandangan mereka, tetapi juga mampu menyoroti aspek-aspek yang sering terabaikan. Debat tersebut merangkum berbagai isu penting dalam ranah edukasi, ekonomi, filosofi, dan politik yang menghadirkan dua perspektif berbeda, yakni tim pro dan tim kontra.

Diakhir perhelatan penuh semangat ini, terdapat satu hal yang pasti, debat tidak hanya tentang memenangkan argumen tetapi juga menghargai keberagaman sudut pandang dan belajar dari perbedaan tersebut. Menurut salah satu anggota, kesulitan utama dalam debat bukanlah sebatas menghadirkan argumen yang sempurna. “Tidak ada debat yang absolut, dibalik setiap argumen yang terlihat sempurna pasti ada celahnya,” ujar Emirel, mahasiswa Sarjana Terapan Teknologi Game. Hal ini diharapkan menjadi inspirasi penting bagi seluruh civitas akademika PENS untuk terus tumbuh dan berpartisipasi dalam setiap kompetisi tanpa rasa ragu. E2C PENS, dengan perwakilan terbaiknya telah memberikan dorongan dan semangat yang mendalam untuk aktif terlibat dalam setiap kompetisi guna mengharumkan nama PENS.(ann/run)

wpChatIcon
EnglishIndonesian