Jombang, pens.ac.id – Bertajuk Rancang Bangun Penerangan Lingkungan berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Program Studi Diploma III Teknik Elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Sabtu (11/11). Pengabdian masyarakat ini diwujudkan dalam penerapan teknologi Penerangan Jalan Umum (PJU) berbasis tenaga surya pada area jalan dan pemakaman di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Melalui kegiatan tersebut, Prodi Teknik Elektronika memperkuat peranannya dalam menciptakan solusi inovatif dan berkontribusi pada pengembangan berkelanjutan di masyarakat setempat. 

Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan serah terima teknologi PJU yang telah dirakit seminggu sebelumnya di laboratorium PENS. Suprijanto, staf laboratorium Elektronika PENS yang terlibat dalam kegiatan tersebut, menjelaskan esensi dari PJU berbasis PLTS di Desa Cukir. Suprijanto menyampaikan, “PJU ini didesain dengan teknologi yang menggunakan solar sel. Prosesor yang terpasang memiliki fungsi mengontrol Pulse Width Modulation (PWM), dengan membaca tegangan PWM untuk mengendalikan besaran minimum dan maksimum, yang selanjutnya digunakan untuk mengatur pengisian baterai.” Dalam implementasinya, PJU ini menjadi solusi inovatif dalam menerangi jalan dan area makam pada malam hari. Pengalihan otomatis dari baterai ke lampu saat tidak ada tegangan solar sel memastikan keberlanjutan penerangan tanpa adanya sumber daya utama. Dengan demikian, keberadaan PJU berbasis PLTS ini bukan hanya menjadi solusi teknologi, tetapi juga kontribusi nyata terhadap kebutuhan masyarakat setempat.

Suprijanto juga menyatakan kesan positif terhadap dampak pengabdian masyarakat tersebut. Ia berharap agar kegiatan ini menjadi landasan untuk pengabdian masyarakat yang lebih efektif, dan berdampak positif di masa mendatang. Selain itu, Kamituwo Desa Cukir, Rodlik Ahmad, turut menyatakan ucapan terima kasih pada PENS atas kontribusi positif yang telah diberikan. “Kami sangat berbahagia. Mewakili seluruh warga saya mengucapkan terimakasih pada PENS utamanya Prodi D3 Teknik Elektronika. Mudah-mudahan nanti bermanfaat bagi warga kami. Untuk pesannya, kedepan semoga PENS tambah maju, kegiatan bermasyarakatnya tambah banyak, dan lebih bermanfaat lagi bagi warga seluruh Indonesia,” ujarnya. (ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian