Surabaya, pens.ac.id – Melalui inovasi website crowdfunding bernama 3Funding, kolaborasi ide inovasi dari tiga mahasiswa Program Studi Diploma III Teknik Informatika, yakni Gede Hari Yoga Nanda, Handaru Dwiki Yuntara, dan Muhammad Iqbal Rahmatullah sukses meraih Juara 1 Carnival Technology Jember University (CITECH 1.0 UNEJ) 2023. Ajang pengembangan produk teknologi berbasis website tersebut diselenggarakan oleh Universitas Jember. Babak penyisihan yang dimulai dari Senin (23/10), hingga Awarding pada Minggu (5/11) ini digelar secara daring melalui Zoom Video Conference dengan mengusung tema “Where Ideas Transform Tomorrow“.

Berbagai riset dilakukan untuk pengembangan website 3Funding. Berfokus pada permasalahan pendanaan terkait inovasi dan ide kreatif mahasiswa Indonesia, website 3Funding tersebut berisikan ide inovasi mahasiswa yang belum terealisasikan dan membutuhkan pendanaan. Pemecahan masalah dari segi finansial sekaligus dapat membebaskan mahasiswa untuk merealisasikan inovasinya ini ditawarkan melalui 3Funding. “Dari data Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang kami riset, sebesar 42.368 proposal masuk ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti). Namun, hanya 5.102 proposal yang diterima dan didanai oleh pemerintah. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hampir 80% ide kreatif mahasiswa tidak dapat terealisasikan dengan baik. Oleh karena itu, 3Funding hadir sebagai jembatan untuk dapat merealisasikan ide-ide kreatif mahasiswa,” ungkap Gede Hari.

Persaingan ketat dari seluruh perguruan tinggi Indonesia tak menyurutkan semangat Tim 3Funding untuk memberikan yang terbaik. Berbekal pengalaman lomba sebelumnya dan sharing session bersama teman-teman, mengantarkan 3Funding sebagai pemenang. Raihan prestasi tersebut merupakan awal bagi mereka untuk terus memberikan inovasi terbaiknya guna mewujudkan kampus inovasi bagi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Masukan positif dari dewan juri akan diimplementasikan untuk mengoptimalkan pengembangan website 3Funding. Searah dengan pengembangan tersebut, survei data yang berhasil mereka dapat ialah mentorship pengembangan inovasi dari mahasiswa yang masih kurang. Dengan demikian, pengembangan website 3Funding nantinya akan lebih berfokus ke arah bisnis. Harapannya semangat mereka untuk terus berinovasi ini dapat memotivasi generasi muda Indonesia bersama-sama menuangkan ide kreatif dalam hal positif. (haz/ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian