Surabaya, pens.ac.id – Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Sebagai penggugah semangat persatuan serta bentuk penghargaan terhadap jasa pahlawan terdahulu, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) turut menggelar upacara bendera. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium lt.6 Gedung Pascasarjana PENS pada Sabtu (28/10), yang diikuti oleh civitas akademika. “Bersama Majukan Indonesia” merupakan tema yang diangkat oleh Pemerintah Indonesia untuk memperingari Hari Sumpah Pemuda ke-95.

Dimulai pukul 08.00 WIB, para pemimpin barisan menyiapkan pasukannya. Berikutnya, lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan. Seluruh peserta upacara mengikuti upacara dengan khidmat. Pada momen kali ini, Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. selaku Direktur PENS berkesempatan untuk menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Dito Ariotedjo, S.H., yang berpesan mengenai pentingnya menguasai teknologi, informasi, dan literasi digital bagi generasi muda. Selanjutnya amanat ditutup dengan ajakan kepada pemuda Indonesia agar menjadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.

Kegiatan peringatan ini mendapat kesan positif dari salah seorang civitas akademika PENS “Upacara ini semakin membuat kami kembali menghayati peran pemuda dengan diiringi lagu-lagu nasional seperti Satu Nusa Satu Bangsa dan Bangun Pemudi-Pemuda. Selain itu, amanat Pembina Upacara juga menyadarkan kami atas tantangan-tantangan yang sedang dihadapi bangsa ini,” ucap Asmaralda Laksmi Firdausi, salah satu mahasiswa PENS. Semoga dengan diperingatinya Hari Sumpah Pemuda bisa menjadi pengingat akan momentum bersatunya para pemuda dari berbagai wilayah di Indonesia, juga menjadi pemacu semangat bagi pemuda saat ini untuk turut andil dalam menghadapi tantangan bangsa. (bey/run)

wpChatIcon
EnglishIndonesian