Surabaya, pens.ac.id – Kegiatan kajian Islam dan mentoring mahasiswa usai diselenggarakan oleh Unit Keagamaan Kerohanian Islam (UKKI) pada Kamis (26/10), di Masjid An-Nahl Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kajian ini ditujukan untuk mahasiswa baru PENS 2023 dengan mengusung tema “Meningkatkan Pemahaman tentang Pesan Nabi Muhammad serta Cara Mengimplementasikannya dalam Kehidupan Sehari-hari”. Kegiatan tersebut menghadirkan Ustadz K.H. Ma’ruf Khozin sebagai pemateri, serta penampilan banjari dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Islami (USI) PENS yang turut serta memeriahkan jalannya kajian.

Kegiatan inti dimulai pada pukul 19.15 WIB yakni penyampaian materi oleh Ustadz K.H. Ma’ruf Khozin. Dalam penyampaiannya, terdapat beberapa poin penting dalam materi yang disampaikan, seperti pembahasan mengenai tiga jenis hadis, yaitu hadist ilmu, hadist sholat, dan hadist akhlak. Hadis mengenai akhlak mulia adalah yang paling mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Yang menariknya lagi, pahala yang didapatkan darinya lebih besar dibandingkan dengan amalan lainnya. Sehingga seseorang yang memiliki akhlak mulia akan mengungguli derajat ahli ilmu dan ahli ibadah. Mahasiswa tampak antusias menyimak dan mencatat rangkuman materi yang dipaparkan oleh Ustadz K.H. Ma’ruf Khozin tersebut.

Dengan diadakannya kajian ini, diharapkan mahasiswa baru dapat mengamalkan nilai-nilai keislaman selama menjalani masa perkuliahan di kampus PENS. Kegiatan tersebut mendapat reaksi positif dari salah satu peserta, “Menurut saya, kegiatan kajian dan mentoring ini sangatlah bermanfaat dan dapat menambah wawasan saya terkait agama Islam lebih dalam. Alhamdulillah dari sana saya bisa menjadi lebih tahu cara menjadi muslim yang baik dan benar. Materinya pun sangat ringan dan sesuai dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari,” ucap Muhammad Hanif Akbar, selaku salah satu peserta kajian. (bey/may)

wpChatIcon
EnglishIndonesian