Surabaya, pens.ac.id – Ajang inovasi tahunan kembali digelar oleh PT United Tractors (UT) Tbk. Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT) Competition 2023 menjadi salah satu wujud implementasi keberlanjutan divisi Corporate Social Responsibility (CSR) UT dalam meningkatkan kompetensi dunia vokasi melalui inovasi dan mempersiapkan generasi muda yang mampu bersaing di dunia kerja. Kompetisi yang diikuti oleh 2.716 tim dengan total 1.358 inovasi ini, berlangsung mulai dari Bulan Mei hingga Oktober. Melalui inovasi Smart Fish Cooler (SaFisCo) ciptaan Muhammad Asroril Mubarok dan Philips Ade Putera Atmojo, PENS dinobatkan sebagai Juara 1 SOBAT Competition 2023 pada Jumat (13/10).Mengusung tema “Inovasi Teknologi Tepat Guna untuk Menciptakan Generasi Berdaya Saing untuk Pendidikan Vokasi yang Berkelanjutan”, persebaran peserta pada SOBAT Competition 2023 kali ini cukup luas, dimana terdapat 1.071 peserta yang berasal dari Jawa, 108 peserta dari Sumatera, 69 peserta dari Sulawesi, 135 peserta dari Kalimantan, dan 3 peserta dari Papua. Persiapan delegasi PENS dari Bulan Mei menyumbangkan sebuah inovasi pendingin ikan portable menggunakan Phase Change Material dan Thermo Electric Cooler berbasis energi surya yang membantu nelayan untuk menjaga kualitas tangkapan bernama SaFisCo. Inovasi tersebut mampu bersaing dan melaju ke tahap final. 

Pendanaan dan pembuatan prototype selama dua minggu yang didampingi oleh Dr. Nu Rhahida Arini, S.T., M.T selaku dosen pembimbing berjalan dengan lancar. Tahap presentasi akhir diselenggarakan di Head Office PT. United Tractors Jakarta pada Rabu (11/10), hingga Jumat (13/10). Selain itu terdapat Exhibition Show yang dilanjutkan dengan prosesi awarding sebagai salah satu rangkain HUT UT ke-51.

Pertama kali mengikuti SOBAT Competition 2023, Muhammad Asroril mengaku bersyukur atas pengalaman dan gelar Juara 1 yang berhasil diraihnya. “Ini kali pertama kami mengikuti ajang inovasi pada SOBAT Competition 2023 dan alhamdulillah diberi kesempatan menjadi Juara 1. Kami sangat bersyukur atas pengalaman yang berkesan, dimana kami bisa bertemu orang-orang penting di PT. United Tractors serta juri dari berbagai akademisi dan sektor industri. Kemenangan untuk PENS ini berkat kerja keras tim, dosen pembimbing, serta seluruh doa dan dukungan,” tutup Muhammad Asroril Mubarok. (haz/ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian