Surabaya, pens.ac.id – Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda ke-21 Politeknik Elektonika Negeri Surabaya (PENS) usai dihelat pada Sabtu (30/9), di Gedung Graha Sepuluh Nopember. Mengukuhkan 816 wisudawan, Ujang Supriyadi menjadi salah satu wisudawan dari Program Studi Sarjana Terapan Teknik Komputer yang dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude. Tentu saja capaian predikat itu merupakan hasil dari usaha, kerja keras, dan doa yang terus dilakukan oleh pria yang kerap disapa Ujang tersebut selama menyelesaikan empat tahun masa studinya.

Keaktifan Ujang selama masa perkuliahan dalam kompetisi, organisasi, dan pengabdian masyarakat membuatnya berhasil meraih Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Utama jenjang diploma pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Nasional 2022. Capaian tersebut ditunjang dengan berbagai prestasinya, mulai dari tingkat nasional hingga internasional, meliputi Juara 1 Regional dan Juara 3 Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B) tahun 2021, serta peraih medali emas National Invention Project Contest (NIPC) 2022. Selain itu, Ujang turut meraih juara pada lomba-lomba inovasi, seperti Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) dan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) tahun 2022. Hasil dari inovasi yang dilakukannya selama mengenyam pendidikan di PENS pun, ia tuliskan dalam bentuk jurnal nasional maupun internasional.

Beragam prestasi yang diraih pria kelahiran Sampang tersebut tidak membuatnya menutup diri dari kegiatan sosial yang ada. Ujang menjadi anggota aktif pada organisasi EEPIS Bidikmisi Organization (EBIO) selama dua tahun dengan menjabat sebagai staf muda pada tahun pertama serta Kepala Departemen Media dan Informasi (Medfo) pada tahun kedua kepengurusannya. Ia turut memegang peran penting dalam Forum Mahasiswa Sampang ITS-PENS-PPNS (FORMAS), yakni sebagai Kepala Divisi Komunikasi dan Informasi (Kominfo) pada tahun 2022. Tak berhenti sampai di situ, Ujang juga berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat, yakni Project Bee Creativity Station.

Pria yang akrab pula dipanggil Supri tersebut menuturkan bahwa untuk menjadi pribadi yang aktif dan berprestasi, kita harus bisa memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang positif dan memaksimalkan potensi diri dengan terus mencoba di berbagai kesempatan. Menurutnya, ambisi untuk berprestasi harus terus ditumbuhkan pada mahasiswa PENS melalui usaha dan doa. “Mimpi, usaha, doa. Mulailah dari mimpi, usahalah sampai mimpi itu menjadi kenyataan, selagi usaha jangan pernah lupa untuk berdoa,” tutup Ujang Supriyadi, wisudawan PENS 2023 yang berprestasi, dan penuh inspirasi. (ath/run)

wpChatIcon
EnglishIndonesian