Program pertukaran pelajar antara Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Institute of Technical Education (ITE) Singapura merupakan inisiatif yang luar biasa dalam memperluas pengetahuan dan pemahaman siswa tentang berbagai aspek keberlanjutan dan teknologi. Salah satu program unggulan yang didukung dan disponsori oleh Temasek Foundation adalah Specialists’ Community Action and Leadership Exchange (SCALE) Programmes “Sustainable Environment Workshop Scale Programme”. Program ini telah membuka pintu bagi siswa untuk menjelajahi dunia berkelanjutan Singapura dan belajar dari berbagai industri serta inovasi teknologi terkini, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan dan pengalaman yang berharga.

Program pertukaran pelajar ini dilaksanakan dalam 2 tahap yakni, pada tanggal 17-30 September 2023 kegiatan dilaksanakan di ITE Singapura, dan pada tanggal 3-16 Desember 2023 kegiatan dilaksanakan di PENS Indonesia.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita pelajari dan jelajahi setelah mengikuti program tahap pertama di Singapura:

  1. Pengembangan Soft Skill

Program ini bukan hanya tentang pengetahuan teknis tetapi juga tentang pengembangan soft skill seperti kerjasama tim, kepemimpinan, dan komunikasi efektif.

  1. Mengeksplorasi Industri Berbasis Keberlanjutan

    – CHINT Global: Para peserta memiliki kesempatan untuk mendalami konsep energi cerdas, listrik, energi hijau, serta otomatisasi dan kontrol industri dari perusahaan ini.

    – Pabrik Tai Sin: Peserta dapat belajar tentang teknologi kabel berkualitas tinggi yang sangat penting dalam industri modern.

    – Sembcorp Floating Solar: Para peserta dapat melihat secara langsung sistem surya PV terapung terbesar di Singapura, memahami potensi energi terbarukan.

  1. Pengenalan Teknologi Transportasi

Para peserta memiliki kesempatan untuk merasakan kenyamanan dan efisiensi sistem transportasi Singapura, termasuk MRT, LRT, dan jaringan stasiun bus yang tersebar merata.

  1. Pengembangan Surya PV

Workshop ini memberikan pemahaman mendalam tentang pengembangan teknologi surya PV, yang menjadi kunci penting dalam mengatasi masalah energi global.

  1. Praktik Berkelanjutan

Melalui kunjungan ke tempat-tempat seperti Marina Barrage dan Pusat Pengunjung NEWater, para peserta memahami pentingnya praktik berkelanjutan dalam memanfaatkan sumber daya alam.

  1. Pembelajaran Sejarah dan Seni

Kunjungan ke Singapore Gallery membuka mata para peserta tentang sejarah dan seni Singapura yang berkaitan dengan sustainability.

  1. Keterampilan Teknis dan Diskusi Proyek

Para peserta diberi kesempatan untuk mendalami keterampilan teknis seperti pencahayaan dan suara, serta terlibat dalam diskusi proyek yang merangsang pikiran.

Melalui program pertukaran ini, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan teknis, tetapi juga pengalaman berharga dalam hal:

  1. Persahabatan Antar Negara

Interaksi dengan siswa dari budaya yang berbeda menguatkan persahabatan lintas negara, menciptakan pemahaman yang lebih dalam tentang keragaman budaya.

  1. Kolaborasi

Para peserta saling belajar untuk bekerja sama dalam tim lintas budaya, membangun keterampilan kolaborasi yang sangat berharga.

  1. Visi Inovatif dan Futuristik

Workshop ini membuka wawasan tentang inovasi terbaru di dunia keberlanjutan, menginspirasi siswa untuk memiliki visi futuristik dalam karier mereka.

  1. Toleransi

Interaksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda mengajarkan toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan.

Dengan demikian, program pertukaran pelajar antara PENS dan ITE Singapura yang didukung oleh Temasek Foundation bukan hanya memberikan pemahaman mendalam tentang inisiatif sustainability dan teknologi terkini, tetapi juga membentuk siswa-siswa menjadi individu yang lebih berpengetahuan, toleran, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Mereka membawa pulang pengetahuan yang tidak hanya bernilai dalam konteks akademik, tetapi juga dalam pembentukan karakter dan pandangan mereka tentang dunia.

by: (Fatimah Nurul Izzah/Rizka Rasyida)

wpChatIcon
EnglishIndonesian