Surabaya, pens.ac.id – Pembukaan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKP2) Vokasi Tahun Pendanaan 2023 dimulai dan dibuka secara resmi oleh Subkoor Kemahasiswaan Belmawa Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Yudi Harianto pada Rabu (20/9). Kegiatan tersebut merupakan tahap akhir menuju puncak kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Berlangsung secara hybrid, yakni di Ruang Innovation Center Lt. 5 Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan secara online melalui platform Zoom Video Conference, serta disiarkan secara live melalui akun youtube PENSTV.

Kegiatan dibuka oleh Master of Ceremony Fifi Sholihah, S. ST, M.T., pada pukul 15.30 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne PENS. Direktur PENS, Ali Ridho Barakbah, S. Kom, Ph.D. kemudian menyampaikan sambutannya selaku tuan rumah PKP PKM Vokasi Tahun Pendanaan 2023. Dalam penuturannya, Ali Ridho menyampaikan bahwa menghadapi tantangan dunia kedepan tidak bisa dengan hanya berbekal teori dari perkuliahan di kelas saja karena itu harus dibekali dengan kreativitas, program semacam kampus merdeka memberikan akses student centered learning pembelajaran yang berbasis student untuk pengembangan kreativitas mahasiswa, karena itu program PKM menjadi sangat penting, “Kreativitas dan inovasi ini tidak boleh selesai sampai disini saja, apa yang sudah di kerjakan harus terus dikembangkan dan kalau bisa memberikan value yang bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar Ali Ridho dalam sambutannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi PKP PKM Tahun Pendanaan 2023 oleh Yudi Harianto selaku Subkoor Kemahasiswaan Belmawa Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi. Dalam sambutannya, Yudhi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melihat dan menilai sejauh mana dana PKM digunakan oleh penerima pendanaan. Kemudian, Prof. Dr. Ir. Nuni Gofar, M.S., dari Tim Inti PKM Vokasi menyampaikan arahan serta tata tertib selama kegiatan PKP PKM Tahun Pendanaan 2023 berlangsung. Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh Koordinator Pembelajaran dan Kemahasiswaan. “Semua peserta pasti ingin lulus ke PIMNAS, jadi kesempatan ini jangan di sia-siakan karena salah satu syarat mutlak ikut ke PIMNAS adalah mengikuti PKP ini, dan meskipun ini berkompetisi gunakanlah secara suportif dan jujur,” ucap Yudhi dalam sambutannya. (Arm)

wpChatIcon
EnglishIndonesian