Nganjuk pens.ac.id – Momen spesial bagi Program Studi Sarjana Terapan Teknik Mekatronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang telah sukses melaksanakan pengabdian masyarakat di UMKM Sarikat Jaya Kekean, Nganjuk, Senin (10/7). Acara bertajuk “Penerapan Teknologi Digital 3D untuk Optimalisasi Pemasaran Fashion Lokal pada UMKM Sarikat Jaya Kekean” ini menghadirkan inovasi terkini dalam dunia fashion, yakni teknologi 3D Scan. Yang menjadi penanggung jawab dan koordinator dalam kegiatan ini adalah Anhar Risnumawan, Aditya Darmawan dan Martianda Erste.
Di era di mana teknologi berpadu dengan seni dan budaya, teknologi fashion muncul sebagai perpaduan dinamis antara tradisi dan inovasi. Di tengah-tengah perpaduan ini, seni batik yang teliti dengan pola yang khas dan signifikansi budaya yang mendalam, menonjol sebagai kandidat yang menarik untuk dilakukan digitalisasi.
Sebagai bentuk komitmen yang berfokus pada teknologi, Program studi Teknik Mekatronika menginisiasi kegiatan ini dengan tujuan mengenalkan brand fashion lokal kepada masyarakat, khususnya dengan penerapan teknologi 3D Scan yang dapat mengoptimalkan pemasaran atau pratinjau produk fashion. Pengabdian ini diharapkan dapat memajukan industri fashion lokal dan memperkenalkan produk Indonesia ke khalayak yang lebih luas dengan penerapan teknologi canggih tersebut.
Dalam acara ini, para peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang teknologi 3D Scan, mulai dari prinsip kerjanya hingga penerapannya dalam pemindaian produk. Kegiatan ini juga meliputi pembuatan dan penyerahan katalog produk Sarikat Jaya Kekean, serta berbagai diskusi yang akan membawa manfaat untuk kedua belah pihak dan masyarakat sekitar. Tak ketinggalan, tim pengabdian masyarakat juga diajak untuk melihat dan mempraktekkan pembuatan batik secara tradisional, termasuk membuat pola, mencanting, memberi warna alami pada batik, serta mengenal beragam jenis batik otentik.
Acara ini diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Dr.Eng, Indra Adji Sulistijono, ST., M.Eng. sebagai perwakilan Dosen Prodi Teknik Mekatronika, dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan berharap kegiatan ini dapat membentuk chemistry di antara semua pihak yang terlibat. Diikuti dengan sambutan dari CEO Sarikat Jaya Kekean, Achmad Nurhasim Hamada atau Mas Aam, “Terima kasih kepada teman-teman dari PENS yang jauh-jauh sudah hadir di Sarikat Jaya Kekean, Nganjuk. Mungkin untuk pertemuan kita kali ini memang singkat, namun saya harap kedepannya kita bisa kerjasama lagi seperti ini dan lebih banyak diskusi lagi perihal teknologi di bidang fashion yang tentunya bakal berguna sekali untuk kedepannya, baik dari PENS dengan teknologinya dan Sarikat Jaya Kekean dengan produk fashionnya.”
Kegiatan berlanjut dengan pemberian katalog produk, demo cara kerja 3D Scan karya Mahasiswa Teknik Mekatronika, sesi foto bersama, dan keliling tempat pembuatan batik. Harapan besar diembuskan bahwa kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif untuk perkembangan teknologi dalam industri fashion, yang juga dikenal sebagai Techno-fashion.
wpChatIcon
EnglishIndonesian