Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Tahun Akademik 2023-2024 usai dihelat selama tiga hari terhitung sejak Senin-Rabu (14-16/08). Berbagai materi disampaikan dalam rangka memperkenalkan lingkup kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kepada mahasiswa baru 2023. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid, yakni offline bagi kampus utama di Ruang Auditorium Lt.6 Gedung Pascasarjana PENS dan secara online untuk kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) melalui platform Zoom Video Conference.

 Dibuka secara resmi oleh Direktur PENS, yakni  Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. yang kemudian dilanjutkan perkenalan jajaran Wakil Direktur, Kepala Departemen, dan Kepala Program Studi. Dalam pemaparannya, Aliridho menyampaikan sejarah PENS hingga berbagai pencapaian yang pernah ditorehkan oleh PENS. Tidak lupa, Direktur PENS juga berharap agar mahasiswa baru menjadi kekuatan Institusi untuk kedepannya. “Alhamdulillah kami senang sekali menerima keluarga besar PENS dari mahasiswa baru. Semoga mereka i menjadi kekuatan kami kedepannya dan   3-4 tahun kedepan memperkuat pencapaian yang ada di PENS,” Ujarnya.

Serangkaian kegiatan PKKMB diikuti oleh lebih dari 1285 mahasiswa dari 12 program studi kampus utama maupun mahasiswa PSDKU. Hari pertama PKKMB disuguhkan dengan berbagai materi dari jajaran Direksi PENS, mulai dari akademik, administrasi umum dan keuangan, kemahasiswaan dan SDM. PENS juga turut mengundang pembicara dari luar yang menyampaikan materi tentang pengembangan karakter mahasiswa serta perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.Mahasiswa baru juga diberikan informasi penting tentang layanan yang tersedia dan fasilitas akademik yang dapat mereka gunakan selama masa studi di kampus PENS pada hari kedua dan ketiga PKKMB. Materi pengembangan diri juga turut disampaikan oleh pembicara dari luar yakni materi cinta tanah air dan bela bangsa dan negara serta membangun prestasi mahasiswa untuk Indonesia. Tak hanya itu, beberapa tim berprestasi PENS juga turut memeriahkan serangkaian kegiatan PKKMB hari kedua. Hari terakhir PKKMB mahasiswa disuguhkan dengan materi strategi belajar efektif, kegiatan kemahasiswaan, serta etika dan tata krama dalam kehidupan kampus.

PKKMB ini diharapkan menjadi awal bagi mahasiswa baru untuk memulai perjalanan di kampus perjuangan PENS.”PKKMB ini banyak mengubah mindset saya, yang awalnya pesimis menjadi semakin yakin ketika melihat kakak tingkat yang berprestasi saya semakin termotivasi untuk berprestasi,” ujar salah seorang mahasiswa baru, Egahadi Rabbaanii Yusuf. (Arm)

wpChatIcon
EnglishIndonesian