Surabaya, pens.ac.id – Pada hari Senin (21/8), di Ruang Rapat Lt. 2 Gedung Pascasarjana, sebuah pertemuan khusus diadakan. Tim EIRA yang terdiri dari 12 anggota, berkumpul untuk melaksanakan kegiatan berpamitan kepada Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yakni Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D.. Kegiatan ini bertujuan untuk memohon doa restu dan dukungan menjelang keberangkatan mereka ke ajang kompetisi ABU Asia-Pacific Robot Contest (ABU Robocon) 2023 yang akan dihelat di Kamboja. Para anggota tim juga ditemani oleh dosen pembimbing mereka dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia yakni Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T., serta beberapa tenaga pengajar PENS yang turut hadir dalam pertemuan tersebut. Rencananya, Tim EIRA akan berangkat pada hari Jumat (25/8), mendatang, dengan harapan besar dapat mengharumkan nama PENS dan Indonesia melalui prestasi gemilang di kompetisi tersebut.

Dalam rangka mempersiapkan kompetisi, Tim EIRA telah memperhatikan berbagai aspek terkait robot sejak tanggal 31 Juli setelah kemenangannya di KRI Nasional 2023 sebagai Juara 1. Tim tersebut telah melaksanakan sejumlah perubahan signifikan pada robot mereka dan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitasnya. Namun, proses persiapan ini menghadapi beberapa kendala, terutama terkait keterbatasan akses ke fasilitas latihan karena terbatasnya fasilitas latihan di Kamboja serta kendala terkait waktu persiapan yang terbatas. Semua tantangan ini menjadi hal yang harus diatasi, mengingat urgensi pengiriman robot yang harus segera dilakukan.

Dalam sebuah pertemuan yang diadakan, Direktur PENS memberikan nasihat berharga kepada tim. Beliau menekankan pentingnya menjaga kekompakan tim, tetap fokus pada tujuan, dan memberikan yang terbaik dalam setiap momen kompetisi. “Jaga kekompakan, tetap fokus, dan berikan yang terbaik dalam setiap momen. Apapun yang terjadi, merupakan usaha kita bersama. Jagalah kesehatan dan selalu menjaga nama baik kampus serta Indonesia,” ujarnya dengan tegas.

Dalam konteks persiapan ini, Adellia Pratahtya selaku anggota tim menyuarakan optimisme dan harapannya menjelang kompetisi ABU Robocon 2023 pada hari Minggu (27/8). “Tentu saja, harapan kami adalah meraih grandprix. Meski demikian, kami tetap berupaya memberikan performa terbaik, mengingat persaingan yang sangat ketat dalam kompetisi ini. Kami berharap seluruh keluarga PENS dapat mendoakan kesuksesan kami, sembari kami berharap untuk mendapatkan kelancaran dan hasil terbaik. Tim EIRA komitmen untuk terus mempertahankan serta meningkatkan prestasi kami tidak hanya di KRI Nasional, tetapi juga di ajang ABU Robocon 2023,” ujar Adellia dengan semangat penuh. (may)

wpChatIcon
EnglishIndonesian