Surabaya, pens.ac.id – Kamis (17/8), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menghelat Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78. Dilaksanakan di Lapangan Basket D4, kegiatan ini diikuti oleh civitas akademika PENS, yakni perwakilan masing-masing program studi, perwakilan staff dan tenaga pendidik, serta mahasiswa PENS. Usai terselenggaranya upacara, terdapat pula berbagai perlombaan yang digelar guna menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat pemberian piagam penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 6 staf dan tendik PENS. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas dedikasi para pegawai yang telah mengabdikan diri selama 30, 20, dan 10 tahun dengan menunjukkan loyalitas, kejujuran, kesetiaan, dan disiplin tinggi dalam melaksanakan tugas. Selain itu, terdapat pula berbagai perlombaan yang digelar guna menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan, yakni meliputi lomba estafet sarung, lomba makan kerupuk, hingga lomba estafet kardus. Para peserta tampak antusias dan penuh semangat mengikuti setiap perlombaan yang memperebutkan berbagai hadiah hiburan menarik tersebut.

Didik Setyo Purnomo, S.T., M.Eng, ketua panitia Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78, pada peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 ini, diharapkan dapat mendorong upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengembangkan pendidikan yang lebih berkualitas. “Yang pertama adalah bagaimana mempertahankan cita cita bangsa, pendiri bangsa, yang seperti di dalam pembukaan UUD 1945 itu, menjadi sebuah negara yang besar, yang makmur, adil sejahtera. Kemudian dengan itu, pendidikan menjadi lebih baik, pendidikan menjadi lebih murah, dan pendidikan yang menghasilkan SDM yang sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ujarnya. Dengan terlaksananya peringatan Hari Kemerdekaan ini, diharapkan dapat memupuk semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan seluruh civitas akademika PENS. (ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian