Surabaya, pens.ac.id – Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) ke-5 yang diikuti 33 politeknik se-Indonesia sukses digelar. Dengan total 152 tim, Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi tempat berlaga para finalis selama tiga hari terhitung sejak hari Senin hingga Rabu (31/7-2/8). Opening sekaligus Closing Ceremony dari kegiatan KMIPN ke-5 ini ditayangkan secara langsung melalui platform Youtube PensTV.

Setelah penjemputan dan kedatangan seluruh finalis KMIPN, technical meeting, dan gladi bersih parade pada senin (31/7). Pada hari berikutnya, Direktur PENS yakni Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. turut memberikan sambutan sekaligus membuka gelaran kegiatan ini secara resmi. Dalam kegiatan ini hadir pula Wahyu Kurnia Dewanto, S.Kom, MT selaku Ketua Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BAKORMA) dan Dr. Ing. Ahmad Taqwa, M.T. selaku Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) untuk memberikan sambutan serta dukungan untuk 20 tim finalis yang telah lolos setelah melalui beberapa tahap seleksi yang sudah dimulai pada bulan Mei lalu. Kegiatan semakin meriah dengan adanya parade peserta yang mewakili masing-masing institusi dan penyerahan piala bergilir. Pada hari yang sama, tujuh belas tim finalis mulai mempresentasikan hasil risetnya, sementara tiga tim lainnya akan melakukan presentasi keesokan harinya.

Dalam kegiatan ini, terdapat 24 juri yang bertugas menilai riset para finalis dari kedelapan cabang lomba ini, seperti Hackathon, Keamanan Siber, Pengembangan Aplikasi Permainan, Cipta, Inovasi TIK, Perencanaan Bisnis Bidang TIK, Internet of Things, dan E-Government. Sebelum penutupan kegiatan, para finalis juga diajak untuk berkeliling Surabaya, mengunjungi tempat-tempat menarik seperti Suramadu, Alun-alun, Tugu Pahlawan, dan tempat oleh-oleh. Para finalis telah dengan sungguh-sungguh berusaha semaksimal mungkin dalam mempresentasikan riset terbaik mereka di hadapan para juri. Semoga usaha keras mereka akan membuahkan hasil maksimal pada saat pengumuman pemenang kegiatan ini. (may/run).

wpChatIcon
EnglishIndonesian