Surabaya, pens.ac.id – Setelah meraih gelar Juara 1 dalam KRI Nasional 2023, kini Tim EIRA siap memasuki arena yang lebih bergengsi yakni ABU Robocon 2023 di Kamboja. Pada hari Minggu (30/7), mereka mulai mempersiapan robot secara matang di Hall D4 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang didampingi penuh oleh pembina tim robot tersebut, dan esok harinya robot itu akan segera dikirim ke Kamboja. Tim EIRA yang terdiri dari 12 orang anggota tampak bersemangat. Semangat tinggi mereka terpancar saat anggota tim robot lain antusias menyaksikan persiapan mereka untuk memberikan dukungan penuh dalam kompetisi mendatang. Dengan persiapan yang telah dilakukan, diharapkan Tim EIRA dapat mengukir prestasi gemilang dan meraih kesuksesan sebagai perwakilan Indonesia di ABU Robocon 2023.

Tim EIRA telah melakukan persiapan yang cukup matang untuk menghadapi tantangan di ABU Robocon 2023. Namun, mereka masih menghadapi beberapa kendala teknis yang perlu diperbaiki, terutama dalam mengkoordinasikan antara ketiga driver robot. Komunikasi yang efisien dan sinkronisasi yang tepat menjadi kunci untuk menjalankan robot secara sukses. Oleh karena itu, mereka berusaha dengan gigih dan semangat tinggi untuk terus melatih dan mempersiapkan diri hingga pagi hari sebelum robot itu diberangkatkan.

Keesokan harinya setelah persiapan robot secara matang, Tim EIRA akan mengirimkan hanya robotnya saja ke Kamboja. Robot yang telah dioptimalkan akan dikirim lebih awal untuk memastikan kesiapan dan keandalan dalam pertandingan. Sementara itu, 12 anggota tim dan 2 pembina robot akan berangkat menuju Kamboja pada Jumat (25/8). Pertandingan ABU Robocon 2023 akan berlangsung pada Kamis (27/8), di mana Tim EIRA akan berjuang untuk meraih prestasi gemilang sebagai perwakilan Indonesia. “Di PENS kami selalu memegang pepatah, juara itu hanya satu, juara dua, atau tiga bukanlah juara sejati. Jadi, satu-satunya yang kami incar adalah juara. Namun, jika takdir berkata lain, kami ingin menambah pengalaman berharga. Jika kami tidak berhasil meraih juara, kami berharap dapat meneruskan pengalaman kami kepada adik-adik berikutnya agar mereka dapat melangkah lebih maju dari kami,” ujar Andre Setiawan salah satu anggota Tim EIRA.

Dengan semangat juang yang tinggi dan tekad untuk meraih prestasi terbaik, Tim EIRA berangkat ke Kamboja dengan harapan besar untuk membawa pulang gelar juara dan mengharumkan nama Indonesia. Keberhasilan dan pengalaman mereka di ajang ABU Robocon 2023 diharapkan menjadi sumber inspirasi bagi tim-tim berikutnya di PENS, serta menjadi kebanggaan bagi negara. (may)

wpChatIcon
EnglishIndonesian