Surabaya, pens.ac.id – Pada Minggu hingga Selasa (23-25/7), empat mahasiswa PENS menjadi delegasi yang berprestasi sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang WorldSkills ASEAN (WSA) Competition 2023 yang diselenggarakan di Singapura. Dengan prestasi gemilangnya, yaitu menyabet dua medali emas pada kategori Mobile Robotics dan kategori Refrigerations and Air Conditioning (AC), serta satu medali perak pada kategori Mechatronics, mereka turut berhasil mengantarkan Indonesia sebagai juara umum. Keberhasilan dalam kompetisi tingkat internasional ini telah menorehkan catatan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

Salah satu mahasiswa yang meraih prestasi gemilang adalah Ahmad Yogi Fernanda dari Program Studi¬† Mekatronika 2022. Bersama dengan rekan timnya, Denny Syahrul Arfiansyah dari Program Studi Teknik Komputer 2022, mereka berhasil menjadi juara dalam kategori Mobile Robotics dengan robot unggulan mereka bernama GO-ON V4.3. Robot ini dikembangkan untuk mengatasi tantangan pengiriman medis di lingkungan rumah sakit dengan tugas meliputi pengumpulan dan pengiriman pasokan medis secara akurat dan efisien. Dalam wawancara terkait prestasinya, Yogi mengungkapkan, “Perasaannya tentunya sangat senang dan terharu karena kita bisa mendapatkan emas dan mendapatkan predikat juara umum di negara orang, bukan hanya juara umum di negara sendiri. Kemudian ini juga sebagai hadiah untuk Indonesia yang ke 78 tahun,”

Di bidang Refrigeration and AC, M. Sihlahul Mukmin dari Program Studi Teknik Elektronika Industri 2022, berhasil meraih medali emas dengan menghadapi tantangan dalam memasang dan merakit sistem refrigerasi dari nol. Kategori Mechatronics juga tidak kalah membanggakan dengan keberhasilan Septian Agung Nugroho dari Program Studi Teknik Mekatronika 2022, yang berhasil menyabet medali perak dengan kemampuannya dalam merakit mesin dan melakukan pemrograman yang efektif.

Pencapaian ini merupakan hasil dari persiapan dan latihan yang intensif oleh para mahasiswa, yang telah melewati berbagai tahap seleksi, pelatihan, dan kompetisi sejak tahun 2022. Keberhasilan mereka mewakili Indonesia dan meraih juara umum di ajang WSA 2023 menunjukkan dedikasi serta keunggulan kompetensi mereka dalam bidang masing-masing. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam menghadapi tantangan global di masa depan. (ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian