Lamongan, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melalui Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) atau PENS PSDKU Lamongan, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (pengamnas) dengan memperkenalkan cara pembelajaran baru dalam mengenal rumah adat nusantara dengan teknologi AR. Acara dilakukan di SDN Banjarmendalan Lamongan dengan di hadiri oleh 35 siswa, serta jajaran tenaga pendidik dari SDN Banjarmendalan Lamongan, serta di hadirkan oleh mahasiswa dan dosen dari PENS PSDKU Lamongan. Senin (12/06). Pengenalan system pembelajaran baru dalam memperkenalkan rumah adat nusantara ini dilakukan dengan diluncurkan alpikasi mobile AR berbasis android dimana pada alpikasi tersebut akan memeperkenalkan rumah adat lebih realitis dengan perpaduan teknologi AR, dan bentuk 3D rumah adat tersebut, dengan penjelasan menggunakan suara.

Acara dimulai dengan Kegiatan ini diawali dengan penyerahan cinderamata dan paket aplikasi oleh Irma Wulandari S.Si., M.Sc. dan Darmawan Aditama, S.Kom., M.T. sebagai Ketua kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat PENS Kampus Lamongan dan Kaprodi Teknologi Multimedia Broadcasting PENS Kampus Lamongan. kepada Perwakilan SDN Banjarmendalan Lamongan. Selanjutnya dilakukan pemaparan terkait alpikasi dan pemaparan materi dibawakan oleh Dita Aulia Rahma selaku pembicara. Acara dilanjutkan dengan mencoba alpikasi tersebut oleh siswa SDN Banjarmendalan dengan metode belajar sambal bermain.
“Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, pengguna dapat belajar sambil bermain menjelajahi rumah adat dengan lebih realistis. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menemukan informasi visual dan audio tentang rumah adat yang belum pernah mereka jumpai secara langsung.” Ujar Dita saat di tanya mengenai alpikasi pembelajaran tersebut.

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah kepada siswa yang berhasil menyelesaikan soal dan tebakan kuis. Kiki siswa kelas 6 SDN Banjarmendalan Lamongan mengatakan “aplikasi ini sangat bagus atau cukup puas dengan aplikasi ini”. Selain itu, Helinda Apriliana, guru kelas 6 SDN Banjarmendalan Lamongan mengatakan, “Melalui kegiatan ini, anak-anak tidak hanya belajar tentang rumah adat, tetapi juga tentang teknologi.” Beliau juga menyampaikan bahwa program pengmas ini sangat bermanfaat bagi SDN Banjarmendalan Lamongan dan semoga terus dilaksanakan di masa mendatang. SDN Banjarmendalan Lamongan sendiri dipilih sebagai tempat kegiatan karena lokasinya berada di sekitar kampus dan dipandang sebagai tempat yang cocok untuk melaksanakan Pengabdian Masyarakat PENS PSDKU Lamongan dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (mdc)

wpChatIcon
EnglishIndonesian