Semarang, pens.ac.id –  Usai berprestasi pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II 2023, kali ini kabar membanggakan kembali dibawakan oleh Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Minggu (25/6), lima Tim Robot PENS  berhasil menyabet delapan penghargaan usai berlaga selama dua hari pada ajang bergengsi bidang robotika KRI Nasional 2023. Penghargaan tersebut berhasil membuat PENS kembali meraih gelar Juara Umum setelah tujuh tahun lamanya. Disiarkan secara online melalui channel YouTube USMTV, kejuaraan ini diumumkan dalam kegiatan Penutupan dan Awarding KRI Nasional 2023 yang diselenggarakan secara offline di Gelanggang Olahraga (GOR) Gelora Prof. Sudarto SH., Universitas Semarang.

Perolehan juara umum tersebut merupakan hasil dari jerih payah Tim Robot PENS setelah berjuang dan berhasil meraih sejumlah penghargaan. Tim EIRA sukses menjadi pemenang sekaligus meraih penghargaan dengan strategi terbaik pada divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI). Dengan kejuaraan ini, tim tersebut akan mewakili Indonesia dalam kontes robot internasional ABU Robocon 2023, yakni sebuah pertandingan robot yang diselenggarakan tiap tahun dan diikuti mahasiswa se AsiaPasifik.

Tak kalah hebatnya, Tim ERISA dan ERSOW menempati posisi pertama pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Sepakbola Beroda (KRSBI-B). Sementara itu, posisi ketiga dan penghargaan Underwater Robot Pioneer Award pada divisi Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) sukses disabet oleh Tim EMOSVER. Terakhir ada Tim EILERO yang menempati juara harapan dan mendapat gelar desain terbaik di Kontes Robot SAR Indonesia (KRSI).

Dalam kegiatan Penutupan dan Awarding KRI Nasional 2023 ini, Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. selaku direktur PENS beserta Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T. selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia turut hadir untuk memberikan dukungan dan menyaksikan malam penganugerahan ajang bergengsi bidang robotika tersebut. Pencapaian luar biasa yang diraih oleh Tim Robot PENS ini tentunya memberikan rasa bangga dan bahagia untuk seluruh civitas akademika PENS terutama bagi ketujuh tim yang bertanding. Dengan kejuaraan ini, diharapkan mampu bisa menginspirasi serta mendongkrak semangat mahasiswa PENS untuk terus berinovasi dan berprestasi. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian