Semarang, pens.ac.id – Hari kedua di Universitas Semarang, Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) lanjutkan Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2023 pada Jumat (23/6). Running test dilakukan oleh tujuh divisi di tiga lokasi berbeda. Divisi KRSTI, KRAI, dan KRTMI beraksi di Gelora Prof Soedarto. Sementara KRSRI, KRSBI Beroda, serta KRSBI Humanoid di Auditorium Ir. Widjatmoko. Sebagai satu-satunya divisi robot bawah air, running test untuk KRBAI bertempat di Kolam Renang Lt. 10 Menara USM. Meskipun belum memasuki sesi pertandingan, seluruh Tim Robot PENS telah berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukkan semangat yang totalitas dalam mengikuti kontes robot ini.

Setelah hari sebelumnya mengikuti technical meeting, para peserta melanjutkan kegiatan running test. Tidak sekedar uji coba biasa, running test ini akan dibagi menjadi beberapa tahapan, mulai dari pengukuran robot, uji coba di lapangan, dan simulasi pertandingan. Banyaknya prosedur yang harus diikuti, menjadikan sesi ini sangat penting untuk mempersiapkan pertandingan yang sebenarnya.

Dalam pengukuran robot, ketentuan-ketentuan yang telah disepakati harus terpenuhi oleh setiap robot peserta, agar dapat melanjutkan ke tahap uji coba. Dalam tahap kedua ini, setiap peserta dipersilakan untuk menggunakan lapangan atau arena yang nantinya akan digunakan bertanding untuk mengkalibrasikan robot dengan tempat baru. Setelah dua tahap terselesaikan, para peserta kembali dikondisikan untuk tahap running test terakhir, yakni simulasi pertandingan. Perlu diketahui bahwa dalam tahap simulasi pertandingan ini semua hasil yang didapat akan menjadi bahan dalam penentuan drawing atau pengundian untuk pertandingan keesokkan harinya. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian