Semarang, pens.ac.id – Tujuh Tim Robot delegasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah tiba di Universitas Semarang untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2023, pada Rabu (22/6). Serangkaian technical meeting (TM) diikuti secara terpisah berdasarkan divisinya, yaitu EILERO untuk divisi  Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), EIRA divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), ERISA divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), EROS divisi Kontes Robot Sepak Bola Humanoid (KRSBI-H), ERSOW divisi Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI-B), ETERNOS divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan EMOSVER divisi Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI). Berbeda dengan divisi lain yang harus menunggu keesokan harinya, divisi KRBAI melanjutkan sesi running test segera setelah technical meeting selesai. Terik panas matahari bukan menjadi alasan untuk melunturkan semangat para mahasiswa PENS yang sedang berjuang membawa nama baik kampus. 

Seperti pertandingan pada umumnya, technical meeting diperlukan untuk membahas mengenai teknis dan ketentuan lomba dari panitia kepada peserta, mulai dari peraturan hingga skema pertandingan dan perolehan poin. Dari TM juga para peserta dipersiapkan untuk mengikuti running test sebelum ke pertandingan yang sesungguhnya. Running test ini merupakan serangkaian pemeriksaan yang meliputi, pengukuran robot, pengecekan prosedur  dan percobaan robot di lapangan pertandingan. 

Sebagai satu-satunya divisi yang melaksanakan running test di hari yang sama, Tim EMOSVER  dengan semangat mengoperasikan robotnya pada arena air yang ada di Lt. 10 Menara Universitas Semarang. Sebagai bentuk saling menghormati dan menjunjung tinggi kompetisi yang sehat, tim ini juga tampak melakukan sharing bersama peserta dari universitas lain. Dengan selesainya serangkaian  kegiatan KRI di hari itu, semoga seluruh Tim Robot PENS dapat memaksimalkan persiapaan dan meningkatkan performa di keesokan harinya. (run) 

wpChatIcon
EnglishIndonesian