Surabaya, pens.ac.id – Tim Bamantara EEPISAT kembali harumkan Indonesia, pasalnya tim yang beranggotakan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih 2nd Place atau juara 2 pada ajang American Astronautical Society Student CanSat Competition. Kompetisi bergengsi internasional rancang, bangun, dan peluncuran satelit, pada bidang kedirgantaraan (aerospace) yang berlangsung di Blackburg, Virginia, Amerika Serikat. Senin (12/06). Bamantara EEPISAT adalah Tim kompetisi CANSAT yang beranggotakan 15 mahasiswa dari berbagai program studi di PENS, mereka berangkat pada 5 Juni dan tiba di Virginia Tech Amerika Serikat pada 7 juni untuk menjalani puncak kompetisi CANSAT tahun 2023.

Dosen pembimbing tim Bamantara EEPISAT yakni Nofria Hanafi, S.ST., MT. dan Hendhi Hermawan, S.ST., M.T. Sebelumnya tim EEPISAT telah melalui tahapan perlombaan dimulai dari proposal disain dilanjutkan presentasi PDR (Preleminary Design Review) dilanjutkan pada tahap presentasi CDR (Critical Design Review) dan uji environmental test yang terdiri dari uji thermal, tekanan, drop test dan komunikasi dan Alhamdulillah berhasil mendapatkan tiket final launch di virginia tech Amerika serikat ungkap Nofria Hanafi.

Kompetisi puncak CANSAT 2023 diikuti oleh 40 tim dari berbagai negara di dunia yang dimulai dengan acara pembukaan dan preflight briefing pada tanggal 8 Juni 2023. Pada tanggal 9 Juni 2023 dilaksanakan FFR (Flight Readiness Review) dimana semua tim melakukan uji kelayakan launch dihadapan dewan juri hingga dinyatakan layak untuk di luncurkan keesokan harinya yaitu sabtu 10 Juni 2023. Peluncuran berlokasi di Kentland Farm, Blacksburg, VA. Tim Bamantara EEPISAT mendapatkan jadwal peluncuran yang pertama yaitu pukul 13.00 waktu Virginia dan berhasil melaksanakan misi dengan baik.

11 Juni 2023 waktu Balcksburg Amerika Serikat atau 12 juni 2023 waktu Indoneisa merupakan waktu bersejarah untuk tim Bamantara EEPISAT Politeknik Elektronika Negeri Surabaya setelah melaksanakan PFR (Post Flight Review) yaitu menunjukkan hasil analisis peluncuran, Alhamdulillah, Bamantara EEPISAT berhasil meraih peringkat ke-2 dunia bersaing dengan 40 tim yang berlaga di Virginia Tech dari berbagai negara di dunia. Adapaun peringkat 1 diperoleh tim dari Polandia dan peringkat 3 tim dari Meksiko. Keberhasilan Tim Bamantara EEPISAT merupakan hasil Kerjasama Tim, do’a semua pihak dan support oleh civitas akademik PENS serta pihak sponsorship yang memberikan bantuan dukungan finansial untuk flight CANSAT 2023. (mdc)

wpChatIcon
EnglishIndonesian