Surabaya, pens.ac.id – Penutupan dan Awarding sebagai kegiatan akhir dari serangkaian acara Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II tahun 2023 usai diselenggarakan pada Sabtu (3/6). Dengan penuh rasa bangga, lima Tim Robot PENS dari lima divisi berhasil meraih kejuaraan pada ajang bergengsi bidang robotika ini. Dituanrumahi oleh Universitas Semarang, kegiatan tersebut disiarkan secara live melalui akun YouTube USMTV dan disaksikan oleh seluruh tim serta para dosen pembimbing di Ruang Teater Gedung D3 PENS.

Tim EEPIS Intelligent Leg Robot (EILERO) yang berlaga di divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) mengungguli 45 tim lain dan berhasil menyabet juara 1. Tim EEPIS Robot Soccer (EROS) yang bertanding dengan Tim ICHIRO dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di babak final berhasil mencetak 33 goal dan keluar sebagai juara 2 di divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-H). Kemudian, Tim Robot Intelligent in Sense of Art (ERISA) berhasil meraih juara 2 pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Pada divisi baru, yakni Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) ada Tim  EEPIS Autonomous Submarine Vehicle Research (EMOSVER) yang sukses kantongi juara 2. Sementara itu, Tim EEPIS Soccer Wheel (ERSOW) mengalahkan 21 tim dari perguruan tinggi lain, dan berhasil mempertahankan gelarnya sebagai juara 3 pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B) di KRI Wilayah II.

“Selama KRI Wilayah II ini, banyak sekali hal-hal yang di luar dugaan. Sempat beberapa tim kita mengalami penampilan yang kurang bagus di hari pertama. Namun di hari kedua, mereka bisa kembali tampil luar biasa setelah evaluasi dan berbenah. Alhamdulillah dengan persiapan dan usaha yang luar biasa, lima dari tujuh Tim Robot PENS berhasil lolos ke Tingkat Nasional.” ucap bangga Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T., selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia PENS. (ina/run).

wpChatIcon
EnglishIndonesian