Surabaya, pens.ac.id – Bertempat di Ruang Auditorium Lt.6 Gedung Pasca Sarjana, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 pada Kamis (1/6). Bertemakan “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, kegiatan ini dihadiri oleh jajaran direksi, para dosen, staf, dan mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut terdapat pula sesi pemberian Piagam Satyalancana Karya Satya sebagai tanda kehormatan Pemerintah Republik Indonesia kepada 24 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di PENS.

Upacara bendera dimulai pada pukul 07.30 WIB, setelah persiapan barisan dan penghormatan kepada pembina upacara. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan upacara lainnya. Dalam upacara peringatan ini, dibacakan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya. Satyalancana Karya Satya adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada para Pegawai Negeri Sipil yang telah melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

Direktur PENS yakni Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. selaku pembina upacara menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menjadi momentum bagi seluruh warga PENS dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di seluruh aspek kehidupan. “Marilah kita membawa Pancasila ini dan membenamkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam perilaku, mindset, dan budaya. Pancasila itu memberikan arti dan filosofi dalam kehidupan kita untuk membangun peradaban, baik peradaban negara maupun peradaban global,” ujarnya. Berlangsung selama kurang lebih satu jam, upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 ini berjalan dengan khidmat. Acara ditutup dengan pembacaan do’a dan dilanjutkan dengan pembubaran peserta upacara oleh pemimpin upacara dan pemimpin barisan. (ina)

wpChatIcon
EnglishIndonesian