Surabaya, pens.ac.id – Senin (29/5), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menunjukkan ketangguhanya dalam bidang robotika dengan mengikuti Kontes Robot Indonesia 2023 Tingkat Wilayah yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek RI. Dalam kegiatan pembukaan KRI wilayah 2 yang dilakukan secara daring melalui Zoom Video Conference dan streaming YouTube akun Universitas Semarang, PENS memperlihatkan kesiapan mereka dengan mengirimkan 7 robot yang siap berkompetisi, yakni EILERO, EIRA, ERSOW, EROS, ERISA, ETERNOS, dan EMOSVER. Dalam kompetisi ini, PENS berusaha menunjukkan kemampuan dengan berbagai inovasi terbaik mereka di kancah robotika.

Usai dibuka secara resmi oleh master of ceremony, kegiatan pembukaan KRI tingkat wilayah 1 dan 2 dilanjutkan dengan laporan ketua panitia KRI tahun 2023 yakni Dr. Andi Kurniawan Nugroho, S.T., M.T., dilanjutkan dengan sambutan oleh Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si., selaku kepala BPTI Kemendikbudristek RI. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Rektor Universitas Semarang yakni Dr. Supari, S.T., M.T. Dalam sambutannya Supari menyampaikan bahwa dari ajang ini diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa untuk terus berprestasi di bidang robotika, yang mana sangat dibutuhkan Indonesia dan menjadi bekal keterampilan serta kemampuan riset inovasi mahasiswa untuk masa depan yang lebih baik. “Selamat bertanding pada seluruh tim. Apapun yang terjadi pasti akan memupuk mental-mental juara agar tetap tumbuh dan memberikan kontribusi teknologi untuk memecahkan masalah Indonesia di masa mendatang sehingga mendukung Indonesia Emas,” pesan Supari dalam sambutannya.

Tim robot delegasi PENS siap berlaga di ajang Kontes Robot Indonesia Tingkat Wilayah 2023. Berbagai hal sudah dipersiapkan dengan matang sehingga diharapkan mampu memberikan performance terbaik dan lolos ke KRI Nasional. “Persiapan sudah sangat lama meskipun sudah melaksanakan KRI tahun 2022. Namun, kita juga mempersiapkan dengan baik untuk tahun ini, dan harapannya bisa juara umum seperti tahun sebelumnya,” pungkas Adam Ahmad salah satu anggota Tim EILERO.(arm)

wpChatIcon
EnglishIndonesian