Surabaya, pens.ac.id – Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) di kancah internasional. Melalui ajang Malaysia Invention & Innovation Expo (MIIX) 2023, tim PENS yang terdiri dari tujuh mahasiswa telah bersaing dengan total lebih dari 346 tim dan berhasil membawa pulang medali perunggu dalam kategori Intermediate Innovator yang diumumkan pada hari Jumat (12/5). Digelar secara daring, kegiatan ini bekerja sama dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan diikuti oleh empat negara, yaitu Malaysia, Indonesia, Vietnam, serta Thailand.

Terdiri dari 2 tahapan, kompetisi ini diawali dengan seleksi proposal yang mengharuskan setiap peserta mengirimkan hasil inovasinya dalam bentuk proposal. Beberapa aspek yang menjadi penilaian dalam MIIX 2023 ini meliputi permasalahan yang diangkat, ide produk, dan dampak yang akan dihasilkan dari produk tersebut. Setelah berhasil lolos dalam tahap awal, selanjutnya peserta diseleksi melalui presentasi secara daring dengan menunjukkan produknya melalui virtualbooth dan dilakukan penilaian langsung oleh juri.

Sebagai delegasi PENS, ketujuh mahasiswa membawakan sebuah produk inovatif yang berjudul “Kiossku: Platform Pencari Properti Usaha untuk UMKM“. Ide Kiossku sendiri muncul saat saya mau membuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di pinggir jalan dan kesulitan dalam mencari tempat usaha yang murah dan sesuai dengan preferensi usaha saya.” Ujar Muhammad Hariz Izzuddin selaku ketua tim. Melalui situs web dan aplikasi Kiossku, para pengusaha UMKM dapat menjelajahi berbagai opsi lapak, lahan, teras, dan properti usaha lainnya yang dapat disewa.

Produk ini berhasil mencuri perhatian juri dengan solusi revolusioner yang ditawarkan. Kiossku berhasil menciptakan sebuah platform digital yang memungkinkan UMKM dengan mudah menemukan properti usaha yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ide brilian ini tidak hanya mempermudah proses pencarian tempat usaha, tetapi juga membuka peluang baru bagi UMKM untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan memanfaatkan ruang yang tersedia di sekitar mereka. (run)

wpChatIcon
EnglishIndonesian