Surabaya, pens.ac.id – Sidang Terbuka Senat Luar Biasa PENS yang berlangsung pada Selasa (21/3), di Ruang Auditorium Lt.6 Gedung Pascasarjana PENS menjadi momen penting bagi Prof. Dr. Ir. Dedid Cahya Happyanto, M.T. Guru Besar dalam Bidang Ilmu Intelligent Control & Electric Vehicle pada Departemen Teknik Elektro tersebut akhirnya dikukuhkan berkat penelitian luar biasa mengenai Pengembangan Teknologi Mobil Listrik Smart Car. Kegiatan ini turut dihadiri oleh beberapa kolega, keluarga Guru Besar, serta civitas akademia PENS mulai dari jajaran direksi, dosen, staf, dan para mahasiswa.

Prof. Dr. Ir. Dedid Cahya Happyanto, M.T. telah resmi dilantik sebagai guru besar ketiga di Departemen Teknik Elektro dan juga menjadi guru besar keempat yang dimiliki oleh PENS. Dalam pelantikan tersebut beberapa kolega turut hadir sebagai wujud apresiasi terhadap beliau. Orasi ilmiah dengan judul “Pengembangan Teknologi Mobil Listrik Smart Car dan Infrastruktur Untuk Meningkatkan Pelayanan dan Keamanan Menuju Indonesia Smart City” dibacakan oleh Prof. Dedid Cahya dalam rangkaian kegiatan ini. Dalam orasi tersebut¬† Prof. Dedid Cahya menjelaskan tentang hasil risetnya dalam pengembangan teknologi mobil listrik berbasis internet of things yang sangat berguna bagi masyarakat, terutama dalam persiapan menuju Indonesia yang lebih maju. “Konsep ide yang kami buat akan kami tawarkan untuk pemerintah, karena sekarang pemerintah sedang sibuk di electric viber-nya saja, maka dengan adanya tawaran ini maka akan membantu transportasi Indonesia lebih maju lagi”, ujarnya.

Untuk kedepannya mobil listrik smart car ini akan dikembangkan kembali dari segi prossesornya, sehingga meningkatkan kenyamanan pengguna saat bertransportasi di jalan. Semoga dengan adanya pengukuhan Prof. Dr. Ir. Dedid Cahya Happyanto, M.T. sebagai guru besar di PENS ini bisa membantu menunjang terwujudnya PERPRES No.55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan. (may/rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian