Surabaya, pens.ac.id – Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet (TRI) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar TRI Expo 2023 pada Sabtu (4/3). Bertempat di Cafetaria Lt. 5 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan tersebut diadakan sebagai ajang pengenalan Prodi TRI kepada siswa-siswi SMA dan SMK di Surabaya. Workshopdan Pameran Internet of Things (IoT) juga diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan ini guna memberikan pengetahuan tentang pengaplikasian IoT kepada para peserta.

Bertemakan “Internet for Everything”, kegiatan ini turut dihadiri Kepala Departemen Teknik Elektronika, Kepala Prodi TRI, dan sejumlah dosen Prodi TRI. Dalam penyampaiannya, dosen Prodi TRI yakni Mohamad Ridwan, S.T., M.T. memberikan materi workshop mengenai dasar IoT dan pemanfaatannya dalam Smart Home. Contohnya untuk mengendalikan lampu dari jarak jauh melalui smartphone yang terkoneksi dengan internet. Melalui workshop ini peserta juga dapat mencoba secara langsung bagaimana cara membuat perangkat IoT dalam suatu teknologi Smart Home. Expo ini juga turut memamerkan berbagai teknologi hasil inovasi dari para mahasiswa Prodi TRI, salah satunya adalah alat pengukur kelembaban udara dalam Smart Agriculture.

Diselenggarakan untuk pertama kalinya, kegiatan Expo TRI 2023 ini diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta. “Kegiatan ini akan diagendakan setiap tahunnya, karena dapat dilihat antusiasme peserta yang sangat tinggi dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Mulai dari pemaparan tentang PENS dan Prodi TRI, workshop, hingga pameran produk dari para mahasiswa Prodi TRI,” jelas Moch. Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc., Ph.D. sebagai Kepala Prodi TRI. Selain untuk menambah pengetahuan tentang IoT kepada peserta, diharapkan TRI Expo ini juga mampu menambah ketertarikan peserta dengan Prodi TRI. “Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan mampu memperluas wawasan peserta dalam bidang IoT dan juga semoga peserta bisa lebih tertarik untuk bergabung dengan Prodi TRI dalam melanjutkan studinya di perguruan tinggi,” ujar Rafi Fahreza Dewantara sebagai ketua panitia TRI Expo 2023. (ina/suc)

wpChatIcon
EnglishIndonesian