Surabaya, pens.ac.id – Pens Sky Venture yang merupakan unit inkubator bisnis di bawah naungan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil kantongi penghargaan Juara 1 kategori Surabaya Campuss Business Incubator Awareness Award 2022 dalam kegiatan Creative Community Day 2022. Nominasi ini diumumkan melalui malam penganugerahan yang berlangsung pada hari Minggu (18/12), di Alun-alun Kota Surabaya dan diserahkan langsung oleh Walikota Surabaya yakni Eri Cahyadi, S.T., M.T.,. Kegiatan ini adalah cetusan dari Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya yang bertujuan untuk mempertemukan ekosistem penggerak ekonomi kreatif di Surabaya.

Inkubator bisnis merupakan organisasi yang bertujuan membantu sebuah perusahaan rintisan atau pengusaha perorangan yang ingin mengembangkan bisnis mereka dengan dengan cara menyediakan berbagai layanan skala penuh. Bantuan ini terdiri dari banyak hal, dimulai dengan pelatihan manajemen, ruang kantor, dan diakhiri dengan pembiayaan modal ventura serta kemitraan. Pens Sky Venture yang sudah berdiri sejak 2015 ini mewadahi dan menampung ide sekaligus inovasi dari mahasiswa PENS yang ingin masuk kedalam dunia entrepreneur, terutama technopreneur yang berkaitan langsung dengan bidang teknologi.

Dalam kegiatan Creative Community Day 2022, kompetisi kategori Surabaya Campus Business Incubator Awareness memiliki dua tahapan dalam penilaian, yaitu pengisian formulir dan survei langsung oleh panitia. Pada tahap pertama, setiap unit inkubator bisnis yang berpartisipasi diminta untuk mencantumkan informasi yang meliputi profil inkubator, jumlah tenant, pendanaan, prosedur, kemitraan, dan lain sebagainya. Kemudian semua informasi harus disertakan bukti-bukti berupa foto, laporan, dan surat keterangan lainnya. Setelah tahap pertama selesai, panitia mengirim beberapa orang untuk melakukan survei penilaian secara  langsung di tempat inkubator bisnis tersebut beroperasi.

Sukses menuai hasil dari kerja keras yang selama ini dibangun, Pens Sky Venture meraih juara 1 dalam kompetisi tersebut. Jelas prestasi ini menjadi indikator semakin dekatnya Pens Sky Venture dalam mencapai visinya. “Kami ingin menjadi pusat inkubator bisnis yang berbasis teknologi dan dapat diterima dalam skala nasional bahkan internasional,” ucap Mochamad Mobed Bachtiar, S.ST., M.T., selaku kepala unit Pens Sky Venture. (run/rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian