Surabaya, pens.ac.id – PENSasi adalah sebuah kegiatan pameran edukasi teknologi yang dihelat langsung oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) selama dua hari mulai Selasa hingga Rabu (29-30/11). Bertempat di Gedung Pascasarjana, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk open laboratories seluruh program studi yang ada di PENS. Sebagai wujud hilirisasi, PENSasi terbuka bagi Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat untuk menghadiri kegiatan dan saling mengenalkan produk mereka. Selain itu, beberapa workshop softskill SMA/SMK juga dihadirkan dalam serangkaian kegiatan.

Pada PENSasi berisi banyak sekali karya orisinil dari mahasiswa PENS, termasuk robot-robot yang seringkali menjuarai berbagai kontes dan kompetisi. Proyek para dosen juga dipaparkan dalam pameran ini sekaligus untuk mengenalkan program studi yang ada di PENS kepada pengunjung, terutama kalangan SMA/SMK dan sederajat. Tidak hanya menjadi pengunjung, beberapa sekolah juga turut serta meramaikan pameran dengan mengenalkan produk-produk yang telah mereka kembangkan sendiri. Para pengunjung dapat menghampiri pameran yang diminati, bahkan juga bisa mencoba menggunakan beberapa inovasi yang ada seperti, Virtual Reality (VR), mesin pembuat minuman, dan lain-lain.

Selain pameran, PENSasi juga menghadirkan Market Test Kendaraan Listrik, dimana PENS mengenalkan berbagai kendaraan ramah lingkungan yang telah mereka buat seperti, motor listrik, mobil ramah lingkungan, mobil cepat, hingga bus listrik. Terletak di Lobi Gedung Pascasarjana, para pengunjung datang terlihat antusias setelah disambut dengan berbagai kendaraan yang telah ditampilkan. Tak terkecuali Aliridho Barakbah, S. Kom., Ph. D. selaku Direktur PENS juga menghadiri kegiatan dan mencoba untuk mengendarai salah satu motor listrik. Hal tersebut merupakan contoh nyata antusiasme pengunjung dalam kegiatan PENSasi.

Terdapat workshop yang bertujuan untuk mengembangkan softskill untuk pengunjung SMA/SMK dan sederajat se-Jawa Timur. Pada hari pertama workshop dilangsungkan di Ruang Teater Gedung D3 PENS dengan tema “Kunci Sukses Menyiapkan Diri Memasuki Dunia Perkuliahan dan Kerja”. Feri Hidayat selaku Founder Kipa Communication menjadi pemateri yang mengisi jalannya workshop.  Selain itu, memasuki hari kedua PENSasi terdapat workshop dengan tema “Kenali Potensi Diri Dalam Meraih Mimpi” yang berlokasi di Ruang Auditorium Lt. 6 Gedung Pascasarjana. “PENSasi ini sangat bermanfaat dan dapat menjembatani adik-adik yang masih SMA atau SMK agar lebih mengenal lingkungan kampus dan mendapat banyak ilmu melalui serangkaian kegiatan PENSasi,” ungkap Bagus Sugiarto Dian Fajar selaku pemateri dalam workshop hari kedua. (run/jes)

wpChatIcon
EnglishIndonesian