Surabaya, pens.ac.id – Babak final kompetisi tahunan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik XV) resmi berakhir pada Kamis (25/12). Delegasi PENS sukses mendapatkan hasil yang memuaskan dengan membawa pulang 2 medali emas, satu medali perunggu, dan penghargaan non-medali yakni Juara 1 desain poster terbaik serta Juara Harapan 1 Pengembangan Bisnis TIK. Dengan total perolehan sebanyak 3 medali, PENS dinobatkan sebagai Juara 3 Nasional, mengungguli ITB dan perguruan tinggi lainnya dari seluruh Indonesia.

Berlangsung selama empat hari terhitung sejak Senin-Kamis (22-25/11), Gemastik ke-15 ini dihelat secara hybrid oleh Kemendikbudristek dan Universitas Brawijaya selaku tuan rumah. Divisi yang dilaksanakan Secara luring yakni data kining, pemrograman, dan cyber security. Sedangkan divisi lainnya seperti Pengembangan Bisnis TIK (PBTIK), UI/UX, Pengembangan Perangkat Lunak (PPL), dan Pengembangan Aplikasi Permainan (PAP), IoT, kota cerdas, dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) digelar secara daring melalui Zoom Video Conference. Meski seluruh delegasi PENS mengikuti kompetisi secara daring, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para tim.

Terbukti, sebanyak 12 tim yang lolos ke babak final Gemastik telah berusaha maksimal untuk mempersiapkan sesi presentasi dan inovasi produknya. Jumlah delegasi PENS tahun ini bertambah tiga kali lipat dari Gemastik sebelumnya, buah dari kerja keras para peserta dan dosen pembina untuk terus menjadi lebih baik. Termasuk dukungan dari kampus berupa fasilitas yang memadai dan karantina persiapan Gemastik untuk simulasi peserta dalam menghadapi babak final. “Kami hanya memiliki waktu satu minggu untuk persiapan sebelum babak final, alhamdulilah karena bantuan dari berbagai pihak, produk kami bisa selesai sehingga bisa mengikuti hari kompetisi dengan baik,” kata Fatimah Nurul Izzah selaku ketua Tim Kangs Creative yang meraih Juara Harapan 1 pada divisi PBTIK.

Sesi presentasi berlangsung selama 25 menit yang terbagi menjadi 10 menit untuk presentasi dan 15 menit untuk sesi tanya jawab dengan tiga juri. Kedua belas tim delegasi sukses mengikuti babak final dengan lancar dengan hasil yang tidak terduga. Hasilnya yakni Tim Moverstudio mendapatkan penghargaan Juara 1 Desain Poster Terbaik, Tim Unexpected meraih juara 3 kategori divisi PPL, Tim TEKTRA menyabet Juara 1 PBTIK, Tim IHateNamingThings menduduki posisi pertama kategori divisi PAP, dan Tim Kangs Creative menyabet Juara Harapan 1 kategori divisi PBTIK. “Menang bagi kami hanya bonus, yang terpenting adalah bagaimana mengembangkan potensi dan melalui proses untuk menghasilkan suatu inovasi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat,” tambah gadis yang akrab disapa Nurul tersebut. (rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian