Surabaya, pens.ac.id – Bertajuk Aksi Peduli Lingkungan (APEL), Kementerian Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik elektronika Negeri Surabaya (PENS) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Sabtu (26/11). Berkolaborasi dengan organisasi ECOTON (Ecological Observation and Wetlands Conservation), kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di dua tempat, yakni Pantai Kenjeran dan Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Surabaya. Kegiatan APEL tersebut adalah wujud nyata kepedulian mahasiswa PENS dalam pelaksanaan pembangunan berwawasan lingkungan serta sebagai upaya meminimalkan dampak dari perubahan iklim

APEL merupakan salah satu program kerja pengabdian masyarakat dari Kementerian Sosial Masyarakat BEM PENS. “APEL ini adalah bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat. Yang mana lingkungan hidup yang bersih pastinya akan berpengaruh langsung ke masyarakat itu sendiri. Jadi, diharapkan APEL ini bisa memberikan kebermanfaatan juga untuk masyarakat;” jelas Wildan Pratama, penanggung jawab kegiatan APEL 2022. Tahun ini, kegiatan APEL diselenggarakan bersama ECOTON, yakni organisasi yang bergerak dalam pengelolaan ekosistem sungai dan lahan basah. Kegiatan APEL dimulai dengan pembukaan dan pembagian tempat pembersihan di Pantai Kenjeran dan TPH Kenjeran.

Usai kegiatan pembersihan, dilakukan brand audit dan scanning pada sampah-sampah yang telah dikumpulkan. Brand audit dan scanning ini bertujuan untuk mengkalkulasi data sampah dan mengidentifikasi jenis plastik serta perusahaan apa saja yang menjadi pencemar terbanyak (top polluter). Sampah-sampah tersebut selanjutnya ditimbang dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi istirahat dan sambutan dari ketua pelaksana dan penanggung jawab kegiatan APEL. Setelah itu, terdapat pemaparan materi yang disampaikan oleh perwakilan dari organisasi ECOTON. Dalam kesempatan kali ini, pemateri menyampaikan berbagai dampak dari pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan sampah plastik, manfaat dari pemilahan sampah dan brand audit bagi kelestarian lingkungan hidup, serta pengurangan penggunaan sampah plastik sebagai langkah awal untuk meminimalisir pencemaran tersebut  Dengan terlaksananya APEL ini, diharapkan mampu meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap kebersihan lingkungan baik di lingkungan internal maupun eksternal PENS. (ina/rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian