Malang, pens.ac.id – EEPIS Bidikmisi Organization (EBIO) usai menyelenggarakan Bidikmisi Management Training (BIMATRA 2022) yang bertempat di Lawang Adventure Camp Malang. Kegiatan yang diikuti oleh 100 mahasiswa KIP-K 2022 ini berlangsung sejak Jumat (11-13/11). Dengan mengusung tema “Bidikmisi Berkarakter dan Berintegritas”, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (KIP-K PENS) agar dapat berprestasi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pada tahun ini, Bimatra secara perdana dilaksanakan secara offline setelah dua tahun diselenggarakan secara terbatas melalui daring. Kegiatan ini, dibuka secara resmi pada Sabtu (12/11), dengan penyampaian sambutan dari Purwanto selaku Staf Kemahasiswaan, Pindharwati Bandiannaningsih, SE., selaku kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia yakni Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T. Dalam penyampaiannya, Tri Budi menekankan kepada peserta Bimatra agar dapat mengimplementasikan ilmu selama kegiatan serta nantinya dapat menjadi panutan bagi teman-teman yang lain, hingga masyarakat.

Berbagai materi dipaparkan, diantaranya yakni materi self management, materi Kita Bidikmisi Kita Bisa oleh Mahasiswa Berprestasi (Mawapres), hingga materi Pemanfaatan Teknologi Guna Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan diskusi simulasi kelompok untuk menerapkan materi yang telah disampaikan serta menggali kreativitas dan inovasi para peserta. Kegiatan hari kedua, ditutup dengan penampilan pentas seni, dimana setiap kelompok diharuskan menampilkan sebuah pertunjukan seni dalam waktu maksimal 10 menit. Para peserta nampak antusias dengan kegiatan pensi ini, dibuktikan dengan pertunjukan seru yang disajikan oleh kelompok masing-masing.

Dihari terakhir, peserta melakukan kegiatan tracking dengan melewati tantangan pada setiap pos serta outbound yang dilaksanakan di Lapangan Lawang Camp Adventure dengan tujuan melatih kekompakan dan kerjasama antara anggota kelompok. Salah satu peserta mengaku kegiatan Bimatra 2022 sangat seru dan menarik mulai dari hari pertama hingga hari ketiga. “Kesannya sangat seru dan menarik, mulai dari hari pertama sampai hari terakhir kita seru-seruan. Hari kedua kita mendapatkan pengetahuan melalui materi. Untuk hari ketiga, kita melaksanakan outbound serta pentas seni juga dimalam hari, itu membuat malam kita semakin seru,” ujar Dafit Ody Endriantono, peserta Bimatra 2022. (irf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian