Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra Tingkat Dasar (LKMM-TD) berhasil dihelat secara tatap muka oleh Pemandu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Berlangsung secara individu antar-departemen, kegiatan tersebut terbagi dalam 5 gelombang, termasuk Program Studi di Luar Kampus Utama Sumenep dan Lamongan. LKMM-TD ini berjalan sejak Jumat (23/9), hingga Minggu (6/11), yang bertitik lokasi utama di Kampus PENS Hall Gedung D4. Kegiatan wajib bagi mahasiswa baru tersebut sukses berjalan lancar walaupun sempat terjeda karena Ujian Tengah Semester (UTS).
Seluruh gelombang dilangsungkan di akhir pekan dengan Technical Meeting pada hari Jumat malam. Saat gelombang 1, terdapat dua departemen yang melaksanakan LKMM Pra-TD ini, yakni Departemen Teknik Mekanika dan Energi (DTME) serta Departemen Teknologi Multimedia Kreatif (DTMK). Menempati gelombang kedua yaitu Departemen Teknik Informatika dan Komputer (DTIK). Departemen Teknik Elektro (DTE) menduduki gelombang 3 dan 4 karena terbagi menjadi dua sesi. Gelombang terakhir, yakni gelombang 5, diisi oleh Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Lamongan dan Sumenep.
Berbagai ilmu baru didapatkan mahasiswa angkatan 2022 dalam kegiatan LKMM Pra-TD tersebut. Materi yang diberikan pada hari pertama di antaranya adalah Persepsi, Kesalahan Berpikir, Mendengar Aktif, Berbicara Efektif, dan Public Speaking. Berikutnya ada Ambisi Kondisi Usaha (AKU), Sasaran Risiko Konsekuensi (SRK), Pengenalan Diri, Pengembangan Diri, dan Self Leadership, yang merupakan materi pada hari kedua.
Setelah dua tahun sebelumnya berlangsung daring, sebuah tantangan baru bagi Pemandu karena kali ini LKMM Pra-TD berjalan secara luring. Namun demikian, kegiatan ini sukses menggiring mahasiswa baru untuk lebih aktif, kritis, dan mampu mengembangkan diri. “Harapannya ialah seluruh mahasiswa baru tersebut dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapatkan dalam kehidupan sehari-harinya,” harap Asma’ul Sasa Wardani sebagai salah satu Pemandu Forkom Acropolis. (suc)

wpChatIcon
EnglishIndonesian