Mojokerto, pens.ac.id – Salah satu program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yakni PENS Goes to Village (PGTV) usai dilangsungkan oleh beberapa mahasiswa PENS sebagai volunteer Mengambil titik lokasi di Dusun Kesiman, Desa Rejosari, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, PGTV kali ini dihelat selama enam hari, terhitung sejak Senin hingga Sabtu (7-12/11). Kegiatan pemberdayaan tersebut sukses menampakkan antusias masyarakat Dusun Kesiman sehingga dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.

Pembukaan kegiatan PGTV kali ini dihadiri oleh Kepala Desa Rejosari yakni Suprapto dan Kuswanto sebagai Kepala Dusun Kesiman. Dalam sambutannya, Suprapto sangat berharap banyak kepada mahasiswa PENS untuk membantu Dusun Kesiman agar lebih baik lagi dari sebelumnya. Terdapat pula Hendrik Elvian Gayuh Prasetya, S.ST., M.T. selaku dosen PENS yang memberikan sambutan dalam kegiatan PGTV pada hari pertama. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh ketiga tokoh tersebut sebagai penanda dibukanya kegiatan PGTV 2022. 

Berbagai agenda disiapkan oleh mahasiswa PENS, salah satunya adalah Seminar dan Pelatihan Perawatan Tanaman Kopi. Bukan hanya itu, terdapat Workshop Pengolahan Komoditas yang hasilnya bisa dikonsumsi oleh masyarakat maupun dijual kembali untuk menambah pendapatan mereka. Guna menjaga kesehatan masyarakat desa khususnya tumbuh kembang anak-anak, terdapat kegiatan Penyuluhan Kesehatan. Pada sektor pendidikan, mahasiswa PENS juga mengajarkan dan membimbing anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Rejosari. Mahasiswa juga melakukan live in yakni kegiatan beradaptasi kepada warga Dusun Kesiman dengan cara mengikuti keseharian mereka. 

Sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi, kegiatan pemberdayaan seperti ini harus giat dilakukan oleh mahasiswa untuk menyebarkan ilmu yang telah diterima di kampus kepada masyarakat luas. Usainya kegiatan PGTV diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi Desa Rejosari dari berbagai sektor yang dituju. Mahasiswa juga diharapkan mampu mempelajari berbagai hal baik yang mereka dapatkan setelah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini. “Meskipun dari kami pihak mahasiswa masih banyak kurang nya, namun kami harap akan mampu membantu masyarakat desa dengan baik,” harap Muhammad Rizal Jibran selaku Ketua Pelaksana PGTV 2022. (suc/jes)

wpChatIcon
EnglishIndonesian