Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) resmi menghelat Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda ke-19. Kegiatan dilangsungkan selama dua hari, yakni hari Sabtu dan Minggu (15-16/10), di Ruang Auditorium Lantai 6 Gedung Pascasarjana PENS dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dimulai pada pukul 08.00 WIB, wisuda kali ini akhirnya berhasil mendatangkan orang tua atau wali mahasiswa, setelah wisuda sebelumnya terkendala pandemi COVID 19. Pengukuhan wisudawan dari jenjang Magister Terapan, Sarjana Terapan, dan Program Diploma ini disiarkan secara live melalui akun YouTube PENS TV.

Hari pertama merupakan prosesi wisuda untuk Program Magister Terapan dan Diploma 3, yang masing-masing berjumlah 34 mahasiswa Magister Terapan dan 359 mahasiswa Program Diploma. Sedangkan pada hari kedua adalah prosesi untuk mahasiswa Sarjana Terapan yang berjumlah 375 mahasiswa. Sejumlah 778 wisudawan tersebut telah tercantum dalam Surat Keputusan Direktur PENS yang dibacakan oleh Pindharwati Bandiannaningsih, S.E. selaku Kepala Koordinator dan Akademik Kemahasiswaan PENS.

Dr. Firman Arifin, S.T., M.T. selaku Ketua Senat PENS membuka secara resmi sidang tersebut dengan tiga ketukan palu. Pengukuhan dilakukan dengan pemanggilan nama dan pemindahan tali toga wisudawan oleh Aliridho Barakbah, S. Kom., Ph.D. sebagai simbolis kelulusan. Dalam kegiatan ini juga terdapat hiburan berupa pertunjukan tari dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari. Tidak hanya itu, UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) turut berkontribusi untuk mengiringi jalannya wisuda.

Hall Gedung D4 dijadikan tempat untuk para orang tua dan wali wisudawan yang hadir selama kegiatan. Berada ditempat yang berbeda tidak mengurangi sedikitpun rasa khidmat kegiatan wisuda tersebut. “Semoga para wisudawan dapat memberikan kontribusi yang lebih berarti pada keluarga dan masyarakat, serta dapat berkontribusi balik ke kampus,” harap Fandi Handaru, salah satu wali wisudawan.

“Jangan lupa dengan semua prestasi yang kalian capai selama studi dan kedepannya. Mintalah selalu doa dan restu dari kedua orang tua kalian, karena itu adalah kekuatan kalian untuk menggapai prestasi dan ridho dari Tuhan YME,” pesan Aliridho Barakbah, S. Kom., Ph.D. dalam sambutan Direktur PENS. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kesan pesan dari perwakilan mahasiswa selama menempuh studi di kampus, dan diresmikannya para wisudawan menjadi anggota Ikatan Alumni PENS (IKAPENS). Kemudian serangkaian kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ust. Imamul Arifin, Lc., M.H.I. (run/suc).

wpChatIcon
EnglishIndonesian