Surabaya, pens.ac.id – Kembali mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yakni Tim MAESTRO 01, rebut prestasi pada ajang Nasional melalui perlombaan Robot Line Follower Microcontroller. Beranggotakan dua mahasiswa D3 Teknik Informatika yakni Mohammad Arief Darmawan dan Bayu Hidayah Nur Muhammad, serta Ilman Hukma Rosyidi selaku mahasiswa Sarjana Terapan Teknik Elektronika berhasil merebut posisi Juara 2. Kompetisi yang dihelat oleh Politeknik Angkatan Darat (POLTEKAD) ini, berlangsung secara offline pada Minggu (2/10).

Bersanding dengan 34 tim lain, delegasi PENS berhasil tampil dengan maksimal. Salah satu anggota tim, Bayu Hidayah mengungkapkan bahwa selama persiapan tidak ada kendala, namun selama kompetisi berlangsung komponen gir motor robot sempat rusak. Kendala tersebut tetap dapat dihadapi oleh seluruh anggota tim dengan baik.

Sistem kompetisi ini adalah robot milik setiap tim harus mengikuti garis lintasan dan memadamkan enam lilin. Perolehan juara oleh Tim MAESTRO 01 berdasarkan hasil perhitungan poin kecepatan robot dan kecekatan menyelesaikan misi. Meskipun mereka mengakui bahwa tim lain juga memiliki keunggulan pada setiap robot yang dibawa, namun dengan latihan dan tuing pada robot Tim MAESTRO 01 tetap unggul.

Perolahan juara ini merupakan suatu kebanggan bagi Tim MAESTRO 01, “tentu kami merasa bangga karena telah membawa nama kampus PENS di papan juara perlombaan,” ungkap Bayu (anggota Tim MAESTRO 01). Mereka juga tetap berupaya untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang robot dan teknologi. Kedepannya, seluruh anggota tim berharap dapat membawa lebih banyak prestasi dibidang robotik baik tingkat nasional maupun internasional.(tan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian