Surabaya, pens.ac.id – Tiga mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih prestasi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional. Tim Braitech yang terdiri dari 2 mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Teknik Informatika dan 1 mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Mekatronika berhasil menyabet Juara 3 LKTI Mahasiswa ESCOM (Education and Science Competition) Fair 2022. Kejuaraan LKTI yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta tersebut diumumkan dalam acara Puncak ESCOM Fair pada Minggu (2/10), melalui platform Zoom Video Conference.

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim Braitech yaitu Santi daan Fidisa Anindya Pastika dari Prodi Sarjana Terapan Teknik Informatika serta I Made Nugi Edwika Ariwingangga dari Prodi Sarjana Terapan Mekatronika. Bertajuk “Braitech: Teknologi Text to Speech Berbasis IoT dan Website sebagai Sarana Pendukung Tunanetra Untuk Berkarya”, Tim Braitech merancang alat yang menyerupai mesin ketik braille yang sudah diintegrasikan dengan website. Tim yang diketuai oleh Santi ini mengikuti dua tahap seleksi.

Usai lolos tahap pertama yaitu seleksi abstrak, Tim Braitech kembali bersaing di tahap grand final dengan mempresentasikan karya tulisnya dan berhasil mengharumkan nama PENS sebagai Juara 3 dalam LKTI mahasiswa tingkat nasional ini. “Kami sangat senang bisa berkolaborasi dan menghasilkan suatu produk hanya dalam waktu 2 minggu, mencoba untuk merealisasikan ide-ide yang meskipun awalnya hanya sebatas bayangan namun apabila sungguh-sungguh pasti akan dapat direalisasikan,” jelas Santi. Sebagai generasi muda yang unggul dan berprestasi, diharapkan mahasiswa PENS dapat menciptakan ide-ide kreatif agar mampu bersaing pada berbagai kompetisi berikutnya.  (ina/ten/rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian