Malang, pens.ac.id – Program Studi Teknik Telekomunikasi mengembangkan sebuah alat untuk membantu masyarakat di sekitar Masjid Imamussalam Dusun Krajan, Karangsuko, Kec. Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Jum’at (23/9). Jadwal salat merupakan hal yang utama sebagai patokan yang pasti dalam melakukan ibadah shalat.

Waktu salat yang tidak akurat dan spesifik menjadi akar masalah. Dari latar belakang tersebut yang membuat prodi Teknik Telekomunikasi membuat sebuah alat untuk menyesuakan jadwal waktu salat berdasarkan lokasi masjid. Menggunakan data titik koordinat lintang dan bujur sebagai acuan perhitungan.

Melalui program pengabdian masyarakat, pengembangkan alat “Sistem Cerdas Jadwal Shalat” yang menggunakan tampilan LED dot matrix sehingga memudahkan jamaah melihat informasi jadwal salat. Selain itu, alat ini juga didukung dengan aplikasi smartphone untuk memudahkan sinkronisasi lokasi masjid dengan GPS smartphone dan juga memudahkan pengaturan tampilan informasi yang ditampilkan di alat tersebut.

Pengembangan sistem ini dilakukan dalam kurun waktu selama 2 bulan, mulai dari survey lokasi, perancangan dan pembuatan sistem, hingga uji coba sistem. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini melibatkan dosen, Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), dan mahasiswa program studi Teknik Telekomunikasi. Hendy Briantoro, ketua pelaksana dalam kegiatan pengabdian masyarakat program studi Teknik Telekomunikasi memberikan komentarnya “Kami harap pengabdian masyarakat ini bermanfaat dan memberikan solusi terhadap salah satu permasalahan masyarakat di Dusun Krajan, Karangsuko, Kec. Pagelaran, Kabupaten Malang”.

(Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian