Surabaya, pens.ac.id – Bekerja sama dengan Okayama University Jepang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) helat kuliah tamu bertajuk “FILS15.4: Fingerprint-based Indoor Localization System Using IEEE 802.15.4” pada Jumat (9/9). Bertampat di Mini Theater lt.6 Gedung Pascasarjana, PENS menghadirkan Prof. Nobuo Funabiki dari Department of Electrical and Communication Engineering-Okayama University Jepang sebagai pembicara. Dosen serta mahasiswa dari program D3, Sarjana Terapan dan S2 Terapan sangat antusias mengikuti kuliah tamu tersebut.

Pada kesempatan ini Prof. Nobuo Funabiki memberikan wawasan pengetahuan tentang indoor localization system sebagai salah satu inovasi teknologi terkini. Sistem ini menjadi opsi jawaban atas kelemahan dari Global Positioning System (GPS) apabila digunakan dalam pendeteksian lokasi di ruang tertutup. Pembahasannya berupa pengembangan teknologi indoor localization system untuk mengetahui lokasi seseorang di dalam gedung.

Disamping memberikan materi tersebut, Prof. Nobuo Funabiki juga memperkenalkan Okayama University Jepang untuk diketahui oleh peserta yang hadir. Menariknya lagi, dijelaskan pula laboratorium tempat yang digunakan oleh Prof. Nobuo Funabiki dalam kesehariannya melakukan riset dan penelitihan. Dengan begitu, peserta yang hadir dapat tertarik untuk melanjutkan studinya, salah satunya di Okayama University Jepang.

Melalui ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh pembicara, peserta dapat memahami akan pentingnya mencari tahu mengenai teknologi terbaru sehingga dapat terus dikembangkan. “Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan riset secara berkesinambungan,” ujar Hendy Briantoro, S.ST., M.T., Ph.D. selaku panitia kegiatan. Momen kehadiran Prof. Nobuo Funabiki di PENS juga menunjukkan adanya kolaborasi yang baik dengan Okayama University Jepang.(raf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian