Surabaya, pens.ac.id – Workshop “Mengenal Mob Programming” usai dilaksanakan Senin (12/9) di Ruang Mini Teater Lt. 6 Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kegiatan yang digelar oleh Program Studi Teknik Informatika (IT) PENS ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman baru mengenai Mob Programming. Ivan Dharmawan selaku Scrum Organization Craftmans berkesempatan menjadi pemateri dalam workshop kali ini.

Nailus Sa’ada selaku Dosen IT PENS berperan sebagai pembawa acara dan membuka kegiatan ini pada pukul 13.00 WIB. Berikutnya yakni penyampaian kata sambutan oleh Umi Sa’adah, S.Kom., M.Kom. selaku Koordinator KBK Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber.

Salah satu metodologi yang saat ini sedang menjadi tren pada bidang RPL yaitu metode Agile, terdapat practice scrum yang mulai diajarkan pada semester tiga pada Program Studi Teknik Informatika PENS. Guna meningkatkan kualitas programming dalam praktek, workshop Mob Programming pun dihelat untuk para peserta yang terdiri dari D3 IT Angkatan 2021 dan D4 IT Angkatan 2020 dan 2021 ini. Menurut Umi Sa’adah, terselenggaranya kegiatan tersebut dapat menjadi nilai plus bagi mahasiswa. “Tidak hanya menambah wawasan, tetapi juga menambah experience yang sangat berharga, bahkan mereka tidak harus menunggu hingga menjadi profesional untuk mendapatkan materi ini,” ungkapnya.

Setelah materi dipaparkan oleh Ivan Dharmawan, adapun pemberian tugas kecil yang harus diselesaikan secara berkelompok. Para peserta tampak antusias selama kegiatan ini berlangsung. “Kesannya itu seru sih, terus yang awalnya tidak begitu kenal dengan adik kelas bisa jadi kenal dan akrab,” tutur salah satu peserta, Adek Wisnu.

Diharapkan dengan berakhirnya workshop tersebut dapat membantu meningkatkan skill development dari para mahasiswa, khususnya program studi IT PENS. (ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian