Surabaya, pens.ac.id – Penghargaan dari ajang internasional kembali dibawa pulang oleh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Tim bernama Caffeine yang beranggotakan 3 mahasiswa PENS, 2 mahasiswa Korea Selatan, dan 1 mahasiswa Maroko, berhasil meraih Juara 2 pada Creativity Station 2022 yang dihelat secara daring melalui Zoom Video Conference. Merupakan kegiatan rutin Beyond Engineering Education (BEE) Project, kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusan National University (PNU), Ministry of Trade Industry and Energy Korea Selatan, serta bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, Korea Selatan, dan Maroko. Tak hanya penghargaan tim, tiga mahasiswa PENS lainnya turut meraih penghargaan Best Team Member pada kompetisi yang dihelat di hari Jumat (26/8), hingga Rabu (31/8).
Delegasi PENS yang tergabung di Tim Caffeine di antaranya ialah Alifia Azzahra dan Oktavia Nur Rizky Angelina dari Teknik Elektronika, serta Mochammad Ikhsan Romadhoni dari Teknologi Rekayasa Multimedia. Dalam kompetisi ini, setiap tim diwajibkan berkolaborasi dengan Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM). Tim Caffeine bekerjasama dengan “Bubuk Kopi Mukaromah” di Sidoarjo untuk menyelesaikan misi. UMKM tersebut masih menggunakan cara tradisional untuk memanggang kopi yang tidak efektif di segi waktu dan biaya, serta tidak maksimal di segi kualitas dan rasa sehingga Tim Caffeine menciptakan mesin roaster coffee sebagai solusi. Adanya tiga tingkat kematangan kopi, yakni light roast, medium roast, dan dark roast, menjadikan Bubuk Kopi Mukaromah lebih maksimal dan hanya membutuhkan waktu singkat dalam memanggang kopi, yaitu selama 15 menit.

Penghargaan Best Team Member yang dibawakan oleh Bayu Hidayah Nur Muhamad dan Mohammad Arief Darmawan dari Teknik Informatika, serta Akhmadan Habibullah dari Teknik Telekomunikasi, membuktikan bahwa PENS unggul dalam bidang sumber daya mahasiswa. “Dari program ini, kita dapat belajar banyak hal. Mulai dari cara memecahkan masalah, meningkatkan networking dan teamworking, hingga mengasah kemampuan bahasa inggris. Bermanfaat sekali,” Tutup Alifia sebagai anggota Tim Caffeine. (suc/ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian