Surabaya, pens.ac.id – Program Studi D3 dan Sarjana Terapan Teknik Elektro Industri mengembangkan sebuah alat untuk membantu masyarakat di Dusun Gondang, Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang pada Sabtu (20/8). Dalam kesehariannya, untuk mencukupi kebutuhan listrik sehari-hari masyarakat harus menarik kabel dari desa sebelah karena wilayah tersebut jauh dari listrik PLN. Hal ini tentu menyulitkan warga dan rawan gangguan listrik bahkan kecelakaan karena sambungan listrik seperti ini tidak sesuai standar PLN.

Selain kesulitan di atas, jalanan kampung di sebagian wilayah Dusun Gondang belum memiliki Penerangan Jalan Umum (PJU). Kondisi ini menyebabkan keterbatasan aktifitas warga di malam hari dan rawan terjadi kecelakaan karena kondisi jalan yang gelap. Program Studi Teknik Elektro Industri, memberikan dua solusi dari permasalahan yang dimiliki oleh masyarakat di wilayah tersebut diantaranya membuat “Sistem Penyimpanan Energi Listrik dari Panel Surya untuk Daerah Jauh Sumber Listrik PLN” dirancang oleh program studi D3 Teknik Elektro Industri serta program Sarjana Terapan dalam hal ini membangun sebuah Pemanfaatan Energi Listrik Baterai untuk Beban Peralatan Listrik untuk Desa Jauh dari Listrik PLN”.

Pengembangan sistem ini dilakukan dalam kurun waktu selama 3 bulan, dimulai dengan melakukan survey ke masyarakat. Sistem yang dipasang memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber listrik, hal ini dilakukan dengan memasang panel surya yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Selanjutnya, energi listrik digunakan untuk menghidupkan peralatan listrik dan juga disimpan dalam baterai agar walaupun di malam hari listrik tetap mengalir walau tidak ada cahaya matahari. Sebagaimana telah diketahui bahwa panel surya lebih ramah lingkungan dan mudah untuk diimplementasikan. Selain itu dilakukan juga pemasangan 6 titik PJU untuk menerangi jalanan desa. Tidak ada kesulitan yang dihadapi, karena warga sangat senang dan terbantu dengan pengembangan alat tersebut yang mana sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup mereka sehari-hari.

Diah Septi Yanaratri, selaku ketua pelaksana dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Studi Sarjana Terapan Teknik Elektro Industri memberikan pengalamannya bahwa “Di area Dusun Gondang ini, sebagian rumah warga berlokasi jauh dari sumber listrik PLN sehingga untuk mendapatkan listrik warga kesulitan dalam melakukan pemasangan saluran listrik. Semoga dengan adanya sistem pembangkit listrik tenaga surya dan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang kami pasang ini, dapat membantu kegiatan warga sekitar. Dan untuk ke depannya kami berharap bisa membantu warga-warga lain yang mempunyai kesulitan mendapatkan tenaga listrik dengan program pengabdian masyarakat dari PENS, ujar Diah Septi Yanaratri.

“Dusun Gondang ini selain mempunyai potensi tenaga surya yang tinggi juga memiliki potensi aliran air yang cukup besar. Kami berharap ke depannya dapat mengembangkan sebuah sistem pembangkit listrik mikrohidro yang ramah lingkungan di daerah ini, sehingga kebutuhan listrik warga terpenuhi namun tetap memperhatikan kelestarian lingkungan”, tambah Lucky Pradigta Setiya Raharja selaku ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat Program Studi D3 teknik Elektro Industri. (Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian