Surabaya, pens.ac.id – Sidang Terbuka Senat dan Studium Generale Dalam Rangka Pengukuhan Mahasiswa Baru Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tahun akademik 2022/2023 usai diselenggarakan pada Jumat (19/8) di Lapangan Merah Gedung D3 PENS. Sebanyak 1187 mahasiswa dikukuhkan, terdiri dari mahasiswa Pascasarjana Terapan, Sarjana Terapan, dan Diploma 3. Mahasiswa PJJ serta PSDKU Lamongan dan Sumenep mengikuti kegiatan ini secara online melalui Zoom Video Converence.

Ketua Senat Akademik PENS, Dr. Firman Arifin, S.T., M.T., secara simbolis memukul palu sebagai tanda dibukanya sidang senat. Berikutnya adalah prosesi pengukuhan mahasiswa baru oleh Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D., selaku Direktur PENS dilanjutkan dengan penyampaian amanah. Direktur PENS berpesan kepada mahasiswa baru untuk memiliki semangat selama menjalankan perkuliahan dan turut menjadi bagian membawa PENS lebih baik lagi dengan meraih berbagai prestasi.  Terlebih lagi perkuliahan akan berjalan secara luar jaringan atau offline sehingga diharapkan proses belajar di kampus lebih maksimal.

Setelah memberikan amanahnya, Direktur PENS secara simbolis menyerahkan smart card sebagai langkah awal bagi mahasiswa baru untuk dapat mengakses berbagai fasilitas berupa sarana dan prasarana selama perkuliahan di kampus PENS. Perwakilan mahasiswa baru juga membaca ikrar mahasiswa, dimana terdapat beberapa komitmen yang harus ditunaikan selama menjadi mahasiswa PENS. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan studium generale yang disampaikan oleh Dian Candra Kusuma, alumni PENS tahun 1993 yang saat ini menjabat sebagai General Manager IT Security Platform PT. Telekomunikasi Seluler.

Dalam pemaparannya Dian Candra Kusuma memberikan motivasi bertajuk  “Berawal Dari yang Akhir” dengan harapan agar mahasiswa baru dapat menentukan tujuan hidupnya.  “Kedepannya mahasiswa baru ini bisa menjadi orang-orang yang bermanfaat dan mempunyai mimpi-mimpi yang tinggi untuk dicapai,” Ujar Dian Candra Kusuma. Sebuah kabanggan bagi lulusan PENS tahun 1993 ini karena telah diberi kesempatan menjadi narasumber dan sekaligus dapat mengenang masa kuliahnya 29 tahun yang lalu. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa dilanjutkan dengan ketukan palu penutup sidang oleh Ketua Senat Akademik PENS.

Setelah pelaksanaan pengukuhan mahasiswa baru, terdapat acara UKM Expo yang diadakan oleh Lembaga Minat Bakat (LMB) PENS.  Dilaksanakannya acara ini bertujuan untuk memperkenalkan 24 UKM sehingga mahasiswa baru dapat memilih UKM yang sesuai untuk mengembangkan bakat dan minatnya. UKM Expo kali ini diisi dengan berbagai penampilan UKM dan tersedia juga booth. (raf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian