Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali digelar. Berlangsung selama tiga hari terhitung sejak Rabu (3/8), kegiatan PKKMB ini bertujuan untuk mengenalkan lingkup kampus PENS bagi Mahasiswa Baru 2022. Mahasiswa baru Program Ahli Madya (D3) dan Program Sarjana Terapan (D4) kampus pusat berkesempatan untuk menjalani PKKMB secara luring di Hall Gedung D4 PENS. Sedangkan mahasiswa baru kampus Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) turut mengikuti PKKMB secara daring melalui Zoom Video Conference.

Kegiatan PKKMB kali ini diikuti oleh mahasiswa baru dari 15 program studi termasuk mahasiswa PSDKU. Hari pertama PKKMB disuguhkan dengan berbagai materi dari jajaran Direksi PENS, mulai dari akademik, administrasi umum dan keuangan, kemahasiswaan dan SDM, hingga komunikasi dan pemrosesan data elektronik. PENS turut mengundang pemateri dari luar yang membawakan materi umum seperti bahaya NAPZA dan perilaku hidup sehat serta materi perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan baru pasca pandemi.

Pembukaan PKKMB oleh Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. selaku Direktur PENS dilaksanakan pada hari kedua. Diikuti oleh pengenalan jajaran Wakil Direktur, Kepala Departemen, dan Kepala Prodi dalam sesi tersebut. Pada pemaparannya, Ali Ridho menjelaskan mulai dari sejarah PENS hingga prestasi besar yang pernah diraih PENS hingga saat ini. Direktur PENS juga berpesan agar Mahasiswa PENS dapat menerapkan slogan Jujur. Orisinil, Semangat, Santun (JOSS) dalam diri masing-masing.

Pada hari kedua dan hari ketiga kegiatan masih diisi dengan pengenalan seputar kampus. Materi tersebut antara lain kerjasama dan kemitraan, Kantor Urusan Internasional (KUI), jaringan internet kampus, dan presentasi dari mahasiswa berprestasi PENS. Pembicara dari luar PENS yang hadir pada hari kedua membawakan materi cinta tanah air dan membangun prestasi mahasiswa untuk Indonesia. Hari terakhir kegiatan PKKMB digelar secara luring dan diisi tentang pengenalan Departemen dan Program Studi, strategi belajar efektif, kegiatan kemahasiswaan, etika dan tata krama di lingkungan kampus, unit karir dan potensi alumni hingga pemaparan mengenai kegiatan seputar minat bakat.

Suksesnya perhelatan kegiatan PKKMB kali ini tentu tidak terlepas dari koordinasi panitia. Ketertiban dan kedisiplinan peserta juga membantu panitia untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Melalui PKKMB, diharapkan para peserta mampu mengenal lingkungan kampus dan mengetahui fasilitas-fasilitas yang ada sebelum memasuki masa perkuliahan. “Kegiatan PKKMB ini menurut saya membantu mahasiswa baru dalam proses pengenalan lingkungan kampus. Pemateri yang diundang pun cukup bervariasi dan tentunya berdedikasi tinggi sehingga penyampaiannya mudah dipahami,” ujar salah seorang mahasiswa baru, Najma Akmalina Ni’ma. (rif)

wpChatIcon
EnglishIndonesian